Abstract:
Kliknik merupakan toko yang menjual obat-obatan serta vitamin. Kliknik beroperasi di e-commerce Tokopedia dan Shopee. Permasalahan utama Toko Kliknik adalah tidak tercapainya omset dari target yang ditetapkan sejak Maret 2022. Hal ini sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi di Indonesia. Jika dibandingkan dengan omset penjualan bersih beberapa perusahaan farmasi, kondisi pandemi yang sudah membaik tidak mempengaruhi omset suatu perusahaan. Diperlukan usulan bauran pemasaran yang dapat diterapkan Toko Kliknik berdasarkan analisis segmenting, targeting, dan positioning agar dapat mencapai target omset Toko Kliknik yang ditentukan. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner. Diperoleh 97 data responden yang dapat dilakukan analisis. Analisis segmentasi dilakukan menggunakan k-means clustering. Diperoleh 3 cluster yaitu general customer, loyal customer, dan critical customer. Melalui proses targeting dipilih loyal customer sebagai target pasar dari Toko Kliknik. Positioning statement untuk Toko Kliknik adalah loyal customer dapat selalu berbelanja di Toko Kliknik karena Toko Kliknik menghargai kepercayaan yang telah diberikan. Usulan bauran pemasaran dibuat secara general namun tetap berpegang pada konsep bauran pemasaran 4P+2P+2C+3S. Usulan bauran pemasaran yang diberikan adalah Toko Kliknik dapat mengikuti event-event yang diadakan oleh e-commerce, admin Toko Kliknik dapat aktif menghubungi customer yang telah selesai berberlanja via fitur chat di e-commerce dan harus responsif untuk merespons semua chat serta komentar dan diskusi yang masuk. Toko Kliknik juga disarankan membuat media sosial Instagram sebagai media promosi, dan memperpanjang jam operasional toko.