Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan dalam mempromosikan sektor pariwisata pada Pandemi COVID-19 melalui Acara Ragam 2 Days 1 Night Season 4

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Dharmesthi, Anindita Putri
dc.date.accessioned 2024-08-21T05:57:56Z
dc.date.available 2024-08-21T05:57:56Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45678
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18362
dc.description 10533 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perkembangan sektor pariwisata yang awalnya sangat terbatas, kini berubah menjadi perhatian di Korea Selatan. Sektor pariwisata negara tersebut berhasil menarik banyak wisatawan dan menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar. Namun, momentum tersebut tidak bertahan lama dengan terjadinya pandemi COVID-19 yang merugikan sektor pariwisata. Pemerintah Korea Selatan mengupayakan tur virtual sebagai bentuk promosi yang beradaptasi dengan pandemi. Salah satunya melalui kolaborasi bersama aktor non-negara, yaitu acara ragam 2 Days 1 Night Season 4 yang sedang membangun kembali reputasinya. Berdasarkan pernyataan tersebut, penulis membuat pertanyaan penelitian “Bagaimana upaya diplomasi publik Korea Tourism Organization (KTO) dalam mempromosikan sektor pariwisata Korea Selatan pada pandemi COVID-19 melalui acara ragam 2 Days 1 Night Season 4?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan konsep diplomasi publik dan soft power. Dengan metode kualitatif, penulis memperdalam penelitian dengan analisis wacana kritis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa upaya diplomasi publik Korea Selatan dalam mempromosikan sektor pariwisata selama pandemi dilakukan melalui penayangan episode spesial 2 Days 1 Night Season 4 bersama KTO dan video kampanye “Feel the Rhythm of Korea” edisi Incheon. Upaya tersebut memanfaatkan elemen advokasi melalui kampanye, diplomasi budaya dengan memperkenalkan budaya, nilai, dan wisata domestik, serta penyiaran internasional melalui YouTube dan platform OTT sebagai upaya untuk mempromosikan sektor pariwisata Korea Selatan menggunakan soft power negara. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject COVID-19 en_US
dc.subject KOREA SELATAN en_US
dc.subject KOREA TOURISM ORGANIZATION en_US
dc.subject DIPLOMASI PUBLIK en_US
dc.subject ACARA RAGAM en_US
dc.title Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan dalam mempromosikan sektor pariwisata pada Pandemi COVID-19 melalui Acara Ragam 2 Days 1 Night Season 4 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6092001290
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account