Strategi Diplomasi Publik Indonesia untuk membentuk citra negara melalui penyelenggaraan Asian Games 2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Putra, Marshell Adi
dc.contributor.author Pranindya, Shafira Restu
dc.date.accessioned 2024-08-21T05:30:24Z
dc.date.available 2024-08-21T05:30:24Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45675
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18358
dc.description 10530 - FISIP en_US
dc.description.abstract Asian Games adalah event olahraga olimpiade internasional yang diikuti oleh negara-negara Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Indonesia kembali ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 oleh Olympic Council of Asia (OCA), persiapan Indonesia menyambut Asian Games 2018 lebih singkat dibandingkan negara tuan rumah sebelumnya. Pada saat yang sama, Indonesia mengeluarkan banyak dana untuk sarana dan prasarana bagi atlet, masyarakat lokal maupun internasional serta Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Presiden di tahun 2019 sehingga, negara-negara memiliki ekspektasi yang tinggi dan berharap dapat memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk mempererat persaudaraan tanpa campur tangan politik. Berdasarkan pertanyaan penelitian ini “Bagaimana Strategi Diplomasi Publik Indonesia Untuk Membentuk Citra Negara Melalui Penyelenggaraan Asian Games 2018?” peneliti akan menganalisis strategi yang dilakukan oleh Indonesia melalui Asian Games 2018. Penulis menggunakan konsep Diplomasi Publik dan Nation Branding untuk membentuk citra Indonesia di dunia internasional dengan memperlihatkan peran aktor negara dan aktor non-negara dalam melaksanakan event berskala internasional tersebut. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif berjenis studi kasus dan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara langsung dan data sekunder melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asian Games sangat membantu dalam mendorong toleransi, kerja sama dan saling pengertian antar negara. Dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia menunjukkan kepada dunia bagaimana melakukan diplomasi yang sukses melalui olahraga. Maka dari itu, tujuan Asian Games 2018 berfungsi sebagai platform untuk Diplomasi Publik dan Nation Branding yang efektif bagi Indonesia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject INDONESIA en_US
dc.subject DIPLOMASI PUBLIK en_US
dc.subject NATION BRANDING en_US
dc.subject ASIAN GAMES en_US
dc.title Strategi Diplomasi Publik Indonesia untuk membentuk citra negara melalui penyelenggaraan Asian Games 2018 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6092001285
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411019303
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account