Abstract:
Asian Games adalah event olahraga olimpiade internasional yang diikuti oleh
negara-negara Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Indonesia
kembali ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 oleh Olympic Council
of Asia (OCA), persiapan Indonesia menyambut Asian Games 2018 lebih singkat
dibandingkan negara tuan rumah sebelumnya. Pada saat yang sama, Indonesia
mengeluarkan banyak dana untuk sarana dan prasarana bagi atlet, masyarakat
lokal maupun internasional serta Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan
Presiden di tahun 2019 sehingga, negara-negara memiliki ekspektasi yang tinggi
dan berharap dapat memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk mempererat
persaudaraan tanpa campur tangan politik. Berdasarkan pertanyaan penelitian ini
“Bagaimana Strategi Diplomasi Publik Indonesia Untuk Membentuk Citra
Negara Melalui Penyelenggaraan Asian Games 2018?” peneliti akan
menganalisis strategi yang dilakukan oleh Indonesia melalui Asian Games 2018.
Penulis menggunakan konsep Diplomasi Publik dan Nation Branding untuk
membentuk citra Indonesia di dunia internasional dengan memperlihatkan peran
aktor negara dan aktor non-negara dalam melaksanakan event berskala
internasional tersebut. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif berjenis
studi kasus dan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara langsung dan
data sekunder melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asian
Games sangat membantu dalam mendorong toleransi, kerja sama dan saling
pengertian antar negara. Dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018,
Indonesia menunjukkan kepada dunia bagaimana melakukan diplomasi yang
sukses melalui olahraga. Maka dari itu, tujuan Asian Games 2018 berfungsi
sebagai platform untuk Diplomasi Publik dan Nation Branding yang efektif bagi
Indonesia.