Strategi Diplomasi Pendidikan Jerman di Asia Tenggara terhadap jumlah pelajar asing : studi kasus PASCH Initiative melalui Goethe-Institut

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satya, Putu Agung Nara Indra Prima
dc.contributor.author Zufri, Adinda Salwa Nurhatami
dc.date.accessioned 2024-08-20T08:41:37Z
dc.date.available 2024-08-20T08:41:37Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45668
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18351
dc.description 10523 - FISIP en_US
dc.description.abstract PASCH Initiative merupakan program diplomasi pendidikan yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri Federal Jerman yang menjadi salah satu inisiatif berskala besar yang dimiliki oleh Jerman dalam cultural relation and education policy. Ditemukan bahwa kemitraan PASCH dalam bentuk Fit-Schulen di Asia Tenggara relatif sangat rendah dibandingkan dengan kawasan Asia yang lainnya, yaitu hanya sebesar 15,7% se-kontinen Asia. Dengan tujuan PASCH Initiative yang ingin meningkatkan citra positif negara dan minat internasional untuk studi di Jerman, seharusnya Asia Tenggara menjadi salah satu fokus kawasan PASCH Initiative karena jumlah representasi pelajar asing Asia Tenggara di Jerman hanya sebesar 6,7% se-kontinen Asia. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini akan menjawab pertanyaan penelitian “Mengapa strategi diplomasi pendidikan Jerman di Asia Tenggara dalam bentuk PASCH Initiative menghasilkan jumlah siswa yang jumlahnya relatif rendah jika dibandingkan dengan Kawasan Asia yang lain?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan konsep soft power dan diplomasi pendidikan dalam menganalisis faktor-faktor pengaruh rendahnya kemitraan PASCH Initiative dalam bentuk Fit- Schulen di Asia Tenggara. Penelitian ini menyuguhkan sejumlah data kualitatif berupa hasil wawancara, kutipan-kutipan pernyataan pemerintah, serta data kuantitatif berupa jumlah kemitraan dan jumlah representasi pelajar internasional di Jerman. Penelitian ini menemukan bahwa saluran diplomasi yang terhambat menyebabkan rendahnya kemitraan PASCH Initiative dalam bentuk Fit-Schulen di Asia Tenggara. Pembahasan diawali dengan analisis PASCH Initiative melalui kerangka soft power yang membahas tentang capaian PASCH Initiative dalam pembentukan citra positif melalui potensi minat internasional untuk studi di Jerman. Lalu, dilanjutkan dengan pembahasan PASCH Initiative melalui kerangka diplomasi pendidikan yang akan menganalisis objektif program, saluran diplomasi, hingga fokus kawasan PASCH Initiative en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject JERMAN en_US
dc.subject ASIA TENGGARA en_US
dc.subject DIPLOMASI PENDIDIKAN en_US
dc.subject PELAJAR ASING en_US
dc.subject PASCH INITIATIVE en_US
dc.title Strategi Diplomasi Pendidikan Jerman di Asia Tenggara terhadap jumlah pelajar asing : studi kasus PASCH Initiative melalui Goethe-Institut en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6092001209
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404088903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account