Abstract:
Penelitian ini menganalisis tentang pemanfaatan Korean wave sebagai
penunjang aktivitas bisnis oleh perusahaan AmorePacific Korea. Korean wave
merupakan fenomena global yang telah hadir selama beberapa tahun kebelakangan ini.
Kesuksesan Korean wave yang dibawa melalui K-pop dan K-drama menarik perhatian
masyarakat Indonesia secara luas. Hal ini selanjutnya menciptakan ketertarikan
masyarakat Indonesia dengan hal-hal yang berbau Korea seperti makanan, fashion, dan
gaya hidup termasuk kecantikan atau K-beauty. Popularitas dari K-beauty ini tentu
memberikan pengaruh bagi perusahaan kecantikan asal Korea Selatan di Indonesia.
Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian berupa,
“Bagaimana perusahaan kecantikan AmorePacific memanfaatkan fenomena Korean
wave sebagai penunjang aktivitas bisnisnya?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut,
peneliti menggunakan teori country of origin, dan hubungan parasosial dengan metode
penelitian kualitatif melalui studi literatur. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Korean wave memberikan kontribusi dalam
bentuk pengenalan budaya Korea yang mendorong minat masyarakat terhadap produk-produk
dari Korea Selatan. Sehingga perusahaan besar seperti AmorePacific memanfaatkan fenomena tersebut untuk memberikan paparan dan nama bagi merek-mereknya.