Diplomasi digital Korea Tourism Organization (KTO) di Indonesia (2019-2021)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yazid, Sylvia
dc.contributor.author Gunawan, Nadia Atiya
dc.date.accessioned 2024-08-19T06:22:30Z
dc.date.available 2024-08-19T06:22:30Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45635
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18328
dc.description 10490 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pandemi COVID-19 membawa tantangan baru bagi Korea Selatan dalam sektor pariwisata. Pembatasan jarak dan interaksi secara regional dan internasional membuat keterbatasan besar bagi negara-negara untuk mempertahankan sektor pariwisata mereka. Korea Selatan berkembang pesat melalui nation branding kebudayaan dan pariwisata negaranya. Menanggapi permasalah ini, Korea Selatan tidak menghentikan negara untuk mempromosikan aset budaya dan sejarahnya kepada calon wisatawan selama protokol kesehatan pandemi Covid-19 masih berlangsung. Berdasarkan rumusan masalah diatas, muncul pertanyaan penelitian “Bagaimana Korea Tourism Organization (KTO) menggunakan media digital untuk mengimplementasikan Diplomasi Digital Korea Selatan terhadap Indonesia pada Tahun 2019-2021?”. Langkah yang dipilih oleh Korea Selatan dilakukan oleh KTO sebagai promotor utama pariwisata Korea Selatan melalui media digital yang dimiliki oleh KTO. Penelitian ini menggunakan teori diplomasi digital yang merupakan turunan konsep lebih lanjut dari diplomasi publik. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data sekunder studi kepustakaan yang berasal dari buku, jurnal, laporan, dokumen resmi, dan berita kredibel. Penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi digital oleh KTO terhadap Indonesia ditunjukkan melalui penggunaan website KTO dan instagram @ktoid sebagai alat diplomasi digital, sehingga hal ini dapat membantu Korea Selatan dalam mengandalkan sektor pariwisatanya saat menghadapi tantangan pandemi Covid-19. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject INDONESIA en_US
dc.subject PARIWISATA en_US
dc.subject COVID-19 en_US
dc.subject KOREA SELATAN en_US
dc.subject DIPLOMASI DIGITAL en_US
dc.subject MEDIA DIGITAL en_US
dc.subject KOREA TOURISM ORGANIZATION en_US
dc.title Diplomasi digital Korea Tourism Organization (KTO) di Indonesia (2019-2021) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901264
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419017601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account