Abstract:
Memiliki gigi yang sehat dan bersih merupakan impian semua orang dikarenakan hal ini dapat menambah kepercayaan diri seseorang untuk berkomunikasi tatap muka dengan orang lain atau saat mengambil foto. Tetapi, pada saat memilih pasta gigi, banyak orang yang memilih merek pasta gigi yang sudah mereka sudah pakai dan kenali sejak lama. Sebagai brand pasta gigi yang baru berdiri, Click tentunya membutuhkan strategi untuk dapat bersaing dengan merek kompetitor lainnya. Strategi yang digunakan oleh Click adalah dengan menggunakan Brand Ambassador. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan apakah ada pengaruh dari Brand Ambassador dalam Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Click dan bagaimana pengaruh dari Brand Ambassador dalam Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Click. Pendapat responden mengenai NCT 127 sebagai Brand Ambassador Click juga menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dimana variabel Brand Ambassador diukur menggunakan VisCAP Model dan variabel Keputusan Pembelian menggunakan lima proses dalam keputusan pembelian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengguna produk Click. Berdasarkan hasil penelitian, NCT 127 memiliki performa yang sangat baik sebagai Brand Ambassador Click. Dari hasil dari uji koefisien determinasi sudah dilakukan, menunjukan adanya pengaruh positif pada NCT 127 sebagai Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Click sebesar 8.9%. Dari hasil regresi linier sederhana, menunjukan bahwa Brand Ambassador memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Walaupun pengaruh yang diberikan tidak terlalu besar, tetapi hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk memakai Brand Ambassador untuk brand mereka.