Abstract:
Dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang terjadi di tahun 2019, maka tidak dapat dipungkiri bahwa sempat terjadinya kemunduran yang dialami oleh perkembangan industri di setiap sektornya khususnya di Indonesia. Industri berlian menjadi salah satu sektor industri di Indonesia yang terkena dampak dari pandemi covid-19, namun seiring berjalannya waktu setiap sektor industri yang terdampak mulai mengalami pemulihan dengan strategi yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan di sektor industri nya sendiri. Adelle Jewellery merupakan perusahaan yang berada di dalam industri berlian yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Adelle Jewellery terbukti sebagai merek premium dengan desain produk yang memiliki keunikan tersendiri beserta kualitas yang tinggi. Adelle Jewellery adalah sebuah retail store brand yang berarti bahwa bisnis model yang dimiliki oleh perusahaan adalah business to customer (B2C). Untuk dapat memulihkan perusahaan, Adelle Jewellery mempertimbangkan perubahan tren pasar dan pergeseran pole penggunaan teknologi. Sehingga dengan adanya pertimbangan yang dilakukan dan dilaksanakan oleh Adelle Jewellery, maka Adelle Jewellery dapat memulihkan perusahaan dengan cepat sesuai dengan strategi yang sudah dijalankan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang selama ini digunakan oleh Adelle Jewellery dan menganalisis kondisi perusahaan agar dapat mengetahui apakah strategi yang digunakan masih relevan serta dapat merekomendasikan strategi bersaing yang sesuai untuk masa yang akan datang. Metode penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif analisis yang digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi di perusahaan berdasarkan data primer maupun sekunder yang dapat digambarkan melalui penelitian ini. Hasil penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 macam, yaitu analisis internal yang mencakup empat aspek dalam fungsi bisnis; analisis eksternal yang meliputi Porter’s Five Forces dan PESTEL; serta analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi bersaing yang digunakan oleh Adelle Jewellery saat ini adalah focused differentiation strategy yang dimana strategi bersaing yang saat ini diadaptasi oleh Adelle Jewellery sudah relevan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Rekomendasi strategi bersaing yang sesuai untuk digunakan di masa mendatang yaitu tetap mempertahankan focused differentiation strategy yang selama ini sudah dilaksanakan oleh perusahaan. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu melakukan campaign dengan tema peduli lindungi, pengadaan program pelatihan peningkatan etos kerja pegawai perusahaan, dan pengoptimalisasian pabrik di Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan.