Impact of ethics learning in Public Administration through the Series “Dahmer-Monster: The Jeffrey Dahmer Story”

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rachmawati, Tutik
dc.contributor.author Novita, Virgilia Karin
dc.date.accessioned 2024-08-15T01:54:59Z
dc.date.available 2024-08-15T01:54:59Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45557
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18272
dc.description 10412 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak secara naratif dan empati dari pembelajaran etika administrasi publik melalui serial film Dahmer-Monster: The Jeffrey Dahmer Story. Sebagai calon administrator publik penting untuk bisa memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang etika administrasi publik. Salah satu inovasi pembelajaran etika administrasi publik di Universitas Katolik Parahyangan dilakukan dengan menonton serial film Dahmer-Monster: The Jeffrey Dahmer Story untuk memahami dimensi atau konsep impartiality, compliance approach, dan integrity approach. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berkelompok. Wawancara pertama dilaksanakan pada kelas mata kuliah Etika Administrasi Publik Semester Pendek Tahun 2023 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 37 orang yang menghadiri perkuliahan pada pertemuan tanggal 15 dan 22 Agustus 2023. Selanjutnya peneliti mengadakan Focus Group Discussion lanjutan secara daring dengan lima kelompok mahasiswa yang beranggotakan empat sampai enam mahasiswa dari mata kuliah Etika Administrasi Publik Semester Ganjil 2022/2023 dan Semester Pendek 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik dengan aplikasi Nvivo12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak naratif dan empati pada mahasiswa setelah melakukan pembelajaran etika administrasi publik melalui serial film. Pada dampak naratif mahasiswa mampu menyebutkan interaksi yang menunjukkan atau tidak menunjukkan dimensi impartiality, compliance approach, dan integrity approach. Mahasiswa juga menyebutkan jenis alur dalam film untuk menunjukkan setiap tindakan etis yang diambil oleh administrator publik. Pada dampak empati, mahasiswa merefleksikan perasaan positif, negatif, dilema, dan tindakan yang mereka lakukan jika mereka memposisikan diri menjadi tokoh di dalam film. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject LEARNING en_US
dc.subject NARRATIVE en_US
dc.subject IMPACT en_US
dc.subject EMPATHY en_US
dc.subject PUBLIC ETHICS en_US
dc.subject PUBLIC ADMINISTRATION en_US
dc.title Impact of ethics learning in Public Administration through the Series “Dahmer-Monster: The Jeffrey Dahmer Story” en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6072001022
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403037702
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account