Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak secara naratif dan empati dari
pembelajaran etika administrasi publik melalui serial film Dahmer-Monster: The
Jeffrey Dahmer Story. Sebagai calon administrator publik penting untuk bisa
memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang etika administrasi publik. Salah
satu inovasi pembelajaran etika administrasi publik di Universitas Katolik
Parahyangan dilakukan dengan menonton serial film Dahmer-Monster: The
Jeffrey Dahmer Story untuk memahami dimensi atau konsep impartiality,
compliance approach, dan integrity approach.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berkelompok. Wawancara
pertama dilaksanakan pada kelas mata kuliah Etika Administrasi Publik Semester
Pendek Tahun 2023 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 37 orang yang
menghadiri perkuliahan pada pertemuan tanggal 15 dan 22 Agustus 2023.
Selanjutnya peneliti mengadakan Focus Group Discussion lanjutan secara daring
dengan lima kelompok mahasiswa yang beranggotakan empat sampai enam
mahasiswa dari mata kuliah Etika Administrasi Publik Semester Ganjil 2022/2023
dan Semester Pendek 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
tematik dengan aplikasi Nvivo12.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak naratif dan empati
pada mahasiswa setelah melakukan pembelajaran etika administrasi publik
melalui serial film. Pada dampak naratif mahasiswa mampu menyebutkan interaksi
yang menunjukkan atau tidak menunjukkan dimensi impartiality, compliance
approach, dan integrity approach. Mahasiswa juga menyebutkan jenis alur dalam
film untuk menunjukkan setiap tindakan etis yang diambil oleh administrator
publik. Pada dampak empati, mahasiswa merefleksikan perasaan positif, negatif,
dilema, dan tindakan yang mereka lakukan jika mereka memposisikan diri menjadi
tokoh di dalam film.