Abstract:
Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar bagi seluruh sektor bisnis dengan
diberlakukannya Social distancing hingga PSBB, sektor telekomunikasi mendapatkan
dampak yang cukup baik karena meningkatnya permintaan pada produk dan layanan
perusahaan telekomunikasi. Penerapan kebijakan pembatasan sosial dari sisi bisnis
menjadikan perusahaan telekomunikasi mencetak kenaikan kinerja keuangan khususnya
pada profit yang didapat.
Analisis rasio profitabilitas merupakan cara bagi perusahaan untuk mengetahui
keuntungan yang didapat selama melakukan proses operasional melalui analisis pada
jumlah rasio gross profit margin, net profit margin, return on assets, return on equity dan
return on sales. Pada penelitian ini penulis menggunakan analisis horizontal untuk
membandingkan data keuangan dalam satu periode dan analisis vertikal untuk
membandingan data keuangan dalam satu laporan keuangan. Metode yang digunakan
oleh penulis adalah metode statistik deskriptif dan metode pengumpulan datanya dengan
melakukan dokumentasi terhadap data sekunder. Sampel yang diteliti oleh penulis adalah
laporan keuangan perusahaan periode 2019, 2020, 2021 dan 2022 pada PT XL Axiata
Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, PT Indosat Tbk dan PT Telkom Indonesia Tbk.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan maupun
persamaan antara gross profit margin, net profit margin, return on assets, return on equity
dan return on sales pada tiga fase berbeda yaitu sebelum, saat dan sesudah Pandemi
COVID-19.