dc.description.abstract |
Pendahuluan - Saat ini dengan adanya perkembangan dan kemajuan teknologi
serta penggunaan internet secara pesat memberikan perubahan dan mempengaruhi
banyak aspek kehidupan, termasuk dalam bidang transportasi. Di Indonesia,
kebutuhan akan transportasi menjadi semakin penting seiring dengan pertumbuhan
populasi dan urbanisasi yang pesat. Berbeda dengan perusahaan pesaing seperti
Gojek dan Grab yang memiliki peminat yang banyak, InDrive masih belum banyak
dikenal oleh masyarakat di Indonesia. InDrive merupakan perusahaan transportasi
online yang berasal dari Rusia yang hadir pertama kali di Indonesia pada tahun
2019. Berdasarkan preliminary research, yang dilakukan dengan bertujuan untuk
menemukan permasalahan yang terjadi pada InDrive. Peneliti menemukan bahwa
promosi, brand awareness dan brand preference yang belum baik sehingga banyak
masyarakat tidak mengenali perusahaan InDrive.
Tujuan - Penelitian ini merupakan penelitian applied research yang menggunakan
metode deskriptif yang bersifat explanatory research. Penelitian ini dilakukan
untuk melihat pengaruh promosi, brand awareness dan brand preference.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada
100 responden yang pernah menggunakan transportasi online di Indonesia dalam 6
bulan terakhir. Pengolahan data kuesioner dengan menggunakan partial least
square-structural equation modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan aplikasi
SmartPLS versi 3.2.9 for MAC.
Kesimpulan - Berdasarkan hasil dari analisis penelitian ini, diketahui bahwa
persepsi masyarakat terhadap promosi yang dilakukan InDrive belum cukup baik
dan efektif sehingga memiliki pengaruh terhadap brand awareness dan juga
dampaknya terhadap brand preference. Selain itu, didapatkan bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara promosi dan brand awareness, lalu brand
awareness terhadap brand preference. |
en_US |