Abstract:
Cache by Genks merupakan salah satu kedai kopi yang berdiri pada tahun 2021 yang
terletak di daerah Jakarta Selatan. Pada awal tahun 2021 pendapatan kedai kopi Cache
by Genks termasuk melebihi target tetapi seiring waktu berjalan pendapatan kedai kopi
Cache by Genks cenderung menurun hingga akhir tahun 2022 pendapatan kedai kopi
Cache by Genks berada di bawah target pendapatan. Penurunan ini diduga akibat semakin
menurunnya minat beli ulang dari konsumen, maka dari itu perlunya dilakukan suatu
perbaikan untuk meningkatkan minat beli ulang konsumen kedai kopi Cache by Genks.
Penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi variabel dan indikator yang memengaruhi
minat beli ulang dari konsumen kedai kopi berdasarkan penelitian terdahulu yang serupa.
Selanjutnya dilakukan penyusunan kuesioner yang kemudian disebar kepada konsumen
yang pernah mengunjungi kedai kopi di daerah Jakarta Selatan dan dari hasil penyebaran
diperoleh 144 responden. Kemudian dilakukan pengolahan data berupa pengujian model
pengukuran dan struktural dengan menggunakan metode PLS-SEM. Kemudian dilakukan
juga pengukuran minat beli ulang di kedai kopi Cache by Genks dengan melihat dari ratarata
indikator dan variabel jawaban responden. Berdasarkan pengujian model pengukuran
diperoleh bahwa variabel dan indikator valid dan reliabel setelah dilakukan penghilangan
satu buah indikator. Pada pengujian model struktural dilakukan pengujian untuk melihat
signifikansi dari hubungan dalam pengujian path coefficient dan total effect diketahui
bahwa atmosfer, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan variasi menu memengaruhi
minat beli ulang melalui kepuasan konsumen, sementara kualitas internet perlu
memengaruhi kepuasan konsumen dan minat beli ulang secara bersamaan untuk dapat
memengaruhi minat beli ulang. Kemudian disampaikan 15 usulan perbaikan yang disetujui
oleh pemilik berupa pembuatan SOP, penggantian jenis kemasan, dan penggantian menu
atau memperbanyak menu. Seluruh usulan telah didiskusikan bersama pemilik dan akan
diimplementasikan dalam waktu dekat.