Abstract:
Dewasa ini, investasi saham telah menjadi tren yang terjadi dikalangan
masyarakat Indonesia. Menurut berita pers KSEI, jumlah investor saham telah
meningkat sebesar 15,96% sejak akhir tahun 2021 dari 3.451.513 menjadi
4.002.289 pada akhir bulan Juni 2022. Selain itu, didapatkan pula data yang
menyatakan bahwa saat ini Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi dengan
jumlah investor terbanyak di Indonesia. Adanya fenomena tersebut, dapat
dimanfaatkan oleh perusahaan sekuritas dalam meningkatkan minat masyarakat
menjadi nasabah. Bjb Sekuritas merupakan salah satu Perusahaan Efek Daerah
(PED) yang melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek pada
Provinsi Jawa Barat. Saat ini bjb Sekuritas memiliki keinginan untuk meningkatkan
minat masyarakat Jawa Barat untuk menjadi nasabah. Untuk itu, dilakukan
penelitian berdasarkan dugaan awal yang mungkin mempengaruhi rendahnya
minat masyarakat Jawa Barat untuk menjadi nasabah bjb Sekuritas. Dugaan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah social media marketing, brand awareness,
dan brand trust terhadap subscription intention bjb Sekuritas. Penelitian ini
menggunakan pengolahan data dengan teknik PLS-SEM. Berdasarkan hasil
pengujian yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa social media marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketiga variabel lainnya, brand
awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust dan
subscription intention, dan variabel brand trust yang juga berpengaruh positif serta
signifikan terhadap subscription intention. Dari hasil pengujian tersebut, diberikan
usulan perbaikan terhadap brand awareness dan brand trust. Pada perbaikan
brand awareness diberikan tiga usulan yang berkaitan dengan penggunaan social
media marketing untuk meningkatkan brand awareness. Sedangkan usulan yang
diberikan untuk perbaikan brand trust dibuat berdasarkan setiap indikator dimana
pada indikator T2 dan T3 diberikan tiga usulan, dan pada indikator T5 diberikan
dua usulan