Abstract:
Catering Dahen merupakan sebuah bisnis katering makanan yang menyediakan jasa
makanan rumahan dan makanan kotak. Catering Dahen telah berdiri sejak tahun 2016
yang berlokasi di Bogor. Pada tiga tahun terakhir, Catering Dahen mengalami penurunan
penjualan. Diduga, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab menurunnya
penjualan. Faktor pertama adalah dampak dari pandemi Covid-19. Faktor kedua adalah
Catering Dahen tidak memiliki segmenting, targeting, dan positioning sehingga pemasaran
yang dilakukan tidak tepat sasaran. Faktor ketiga adalah belum adanya strategi pemasaran
yang tepat untuk digunakan. Penelitian dimulai dengan melakukan segmentasi pasar
berdasarkan hasil identifikasi variabel-variabel terkait faktor yang mempengaruhi
konsumen dalam memilih sebuah katering makanan. Pengumpulan data dilakukan dengan
melakukan penyebaran kuesioner dan didapatkan 122 responden. Data yang telah
didapatkan selanjutnya dilakukan clustering dengan metode K-Means untuk mengetahui
jumlah cluster terbaik, dan terbentuk 3 cluster dengan karakteristik yang berbeda-beda.
Selanjutnya dilakukan targeting untuk mengetahui cluster yang akan digunakan sebagai
target pasar. Targeting dilakukan dengan menggunakan PESTEL Analysis dan SWOT
Analysis. Segmen pertama merupakan segmen yang terpilih dengan karakteristik sangat
terpengaruh oleh rasa dan kebersihan dari makanan, serta ketepatan waktu pengantaran.
Positioning dilakukan dengan menggunakan perceptual map untuk mengetahui posisi dari
Catering Dahen dibandingkan pesaingnya berdasarkan variabel rasa dan promosi.
Berdasarkan metodologi yang telah dilakukan, maka akan dirancang usulan dengan
menggunakan bauran pemasaran 4P yang terdiri atas product, price, place, dan promotion
untuk membantu Catering Dahen dalam meningkatkan penjualan. Usulan bauran
pemasaran yang diberikan terdiri atas 7 usulan diantaranya adalah, penambahan variasi
makanan, pembentukan promosi, dan penambahan variasi media pemasaran.