Perancangan produk pembelajaraninteraktif untuk SMA berbasis STEM dengan metodedesain interaksi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.author Simon, Jonathan
dc.date.accessioned 2024-07-29T08:33:34Z
dc.date.available 2024-07-29T08:33:34Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45233
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18003
dc.description 6468 - FTI en_US
dc.description.abstract Pendidikan merupakan salah satu dasar dari terbentuknya penerus suatu bangsa. Indonesia sendiri memiliki pencapaian yang cukup rendah di dalam pendidikan dimana Indonesia menempati urutan 54 dari 78 dalam kualitas pendidikan. Salah satu penyebab rendahnya pendidikan di Indonesia adalah kurikulum yang kompleks dan metode pembelajaran yang monoton. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) merupakan pendekatan pembelajaran yang popular digunakan pada Amerika dan negara barat lainnya. Pendekatan STEM mengintegrasikan IPA, teknologi, rekayasa, dan matematika menjadi suatu kesatuan dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis STEM dibutuhkan agar siswa SMA dapat berpikir kritis dan kreatif terhadap permasalahan yang dihadapi. Untuk dapat menerapkan pembelajaran berbasis STEM, maka dibutuhkan produk pembelajaran yang dapat mengintegrasikan seluruh aspek. Perancangan produk berbasis STEM dilakukan dengan metode desain Interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dari para guru dan siswa SMA, menghasilkan rancangan dengan metode desain interaksi, dan mengevaluasi terhadap produk interaktif berbasis STEM. Tahapan awal dalam perancangan adalah identifikasi kebutuhan dengan melakukan wawancara kepada calon pengguna, yaitu guru dan siswa SMA. Identifikasi kebutuhan menghasilkan 14 dan 11 pernyataan kebutuhan dari guru dan siswa. Produk yang dirancang akan mengangkat permasalahan lingkungan dengan merealisasikan konsep – konsep yang diajarkan dalam pelajaran fisika, biologi, kimia, dan matematika dalam jenjang SMA. Dari kebutuhan yang berhasil teridentifikasi, tahapan berikutnya dilakukan design workshop untuk mendapatkan alternatif konsep. Dari design workshop dihasilkan 3 alternatif konsep hidroponik dari designer yang berbeda. Dari ketiga alternatif konsep, salah satu konsep dipilih melalui penilaian kualitatif dan kuantitatif untuk berikutnya dilakukan perancangan prototipe. Prototipe yang dirancang berjenis high-fidelity prototype, sehingga fitur dan fungsi dapat berjalan seperti produk aslinya. Hidroponik dirancang dengan menggunakan alat dan bahan berupa paralon, pompa air, sensor waktu, pH meter, ember, dan selang. Pengujian hidroponik dilakukan dengan usability testing berdasarkan aspek efektivitas, efisiensi, dan kuesioner System Usability Scale. Dalam pengujian didapatkan tingkat efektivitas sebesar 85% pada guru dan 84% pada siswa dan tingkat efisiensi 85% dan 88% untuk guru dan siswa. Pengujian dengan kuesioner SUS mendapatkan nilai 74.4. Dengan hasil pengujian, tersebut, hidroponik yang dirancang telah layak digunakan dan memenuhi kebutuhan user. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan produk pembelajaraninteraktif untuk SMA berbasis STEM dengan metodedesain interaksi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901234
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account