Usulan bauran pemasaran berdasarkan analisis segmentasi, targeting, dan positioning untuk meningkatkan penjualan di Old Ben’s Café

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius A
dc.contributor.advisor Tanara, Monika Sundari
dc.contributor.author Tjandra, Hilarius Avellino
dc.date.accessioned 2024-07-29T08:14:24Z
dc.date.available 2024-07-29T08:14:24Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45168
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18000
dc.description 6418 - FTI en_US
dc.description.abstract Old Ben’s Café Diponegoro merupakan sebuah café yang berada di Kota Bandung yang menargetkan mahasiswa sebagai target pasar. Sejak awal tahun 2022, terlihat bahwa penjualan dari Old Ben’s Café Diponegoro tidak pernah mencapai target penjualan. Target penjualan dapat tercapai jika Old Ben’s Café Diponegoro dapat mempelajari pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih café yang ada di Kota Bandung. Dengan begitu, perlu dilakukan segmentasi pasar untuk mengetahui alasan dari mahasiswa dalam memilih café di kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa yang sedang berkuliah di kota Bandung. Data kemudian diolah dengan menggunakan metode k-means clustering untuk mendapatkan segmen mahasiswa dengan alasan yang sama dalam memilih café di Bandung. Dari hasil analisis clustering, didapatkan empat segmen dengan alasan pemilihan café yang berbeda pada setiap segmen. Dengan begitu target pasar dari Old Ben’s Café Diponegoro adalah segmen empat, karena dapat mencerminkan segmen lainnya dan memiliki kesamaan dengan target pasar saat ini. Positioning untuk Old Ben’s Café Diponegoro adalah café yang memiliki harga yang sesuai dengan kualitas produk dan memiliki fasilitas yang baik. Dari hasil positioning usulan yang dapat diberikan berupa bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence). en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran berdasarkan analisis segmentasi, targeting, dan positioning untuk meningkatkan penjualan di Old Ben’s Café en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901104
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417086803
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account