Abstract:
Old Ben’s Café Diponegoro merupakan sebuah café yang berada di Kota Bandung yang menargetkan mahasiswa sebagai target pasar. Sejak awal tahun 2022, terlihat bahwa penjualan dari Old Ben’s Café Diponegoro tidak pernah mencapai target penjualan. Target penjualan dapat tercapai jika Old Ben’s Café Diponegoro dapat mempelajari pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih café yang ada di Kota Bandung. Dengan begitu, perlu dilakukan segmentasi pasar untuk mengetahui alasan dari mahasiswa dalam memilih café di kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa yang sedang berkuliah di kota Bandung. Data kemudian diolah dengan menggunakan metode k-means clustering untuk mendapatkan segmen mahasiswa dengan alasan yang sama dalam memilih café di Bandung. Dari hasil analisis clustering, didapatkan empat segmen dengan alasan pemilihan café yang berbeda pada setiap segmen. Dengan begitu target pasar dari Old Ben’s Café Diponegoro adalah segmen empat, karena dapat mencerminkan segmen lainnya dan memiliki kesamaan dengan target pasar saat ini. Positioning untuk Old Ben’s Café Diponegoro adalah café yang memiliki harga yang sesuai dengan kualitas produk dan memiliki fasilitas yang baik. Dari hasil positioning usulan yang dapat diberikan berupa bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence).