Perancangan model bisnis pada "More Cookies" menggunakan business model canvas

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.author Joel, Nicholas
dc.date.accessioned 2024-07-29T07:57:20Z
dc.date.available 2024-07-29T07:57:20Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45232
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17995
dc.description 6467 - FTI en_US
dc.description.abstract Kue kering menduduki peringkat ketiga pada persentase perubahan konsumsi per kapita, menunjukkan peningkatan permintaan kue kering di indonesia. More Cookies merupakan UMKM berdomisili di Bandung yang bergerak di bidang food and beverages, yaitu kue kering. Usaha yang telah bergerak mulai tahun 2018 silam ini berencana untuk mengembangkan usahanya dengan membuka toko offline di Bandung. Ketatnya persaingan dalam industri kue kering mengharuskan More Cookies untuk memiliki bisnis model yang baik sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif More Cookies. Modal besar yang dikeluarkan untuk membuka toko offline harus diikuti dengan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan perancangan bisnis model menggunakan business model canvas untuk mendukung proses pembukaan toko offline. Sebelum merancang model bisnis dilakukan analisis lingkungan eksternal dan internal menggunakan Porter's Five Forces dan SWOT Analysis. Melalui analisis Porter dapat diketahui ancaman dan peluang dalam persaingan di bidang industri kue kering. Ancaman dan peluang tersebut dipetakan ke dalam SWOT Analysis untuk mengetahui faktor lingkungan eksternal dan internal dari usaha kue kue kering More Cookies. Value Proposition Canvas digunakan untuk mengidentifikasi, menciptakan, maupun meningkatkan nilai untuk target pasar yang diperoleh berdasarkan hasil segmenting, targeting, dan positioning. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, More Cookies belum memiliki segmentasi pasar yang spesifik sehingga membuat tidak efektifnya kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, dirancang usulan strategi pemasaran menggunakan Marketing Mix. More Cookies disarankan untuk menawarkan promosi berupa diskon produk, bundling produk, aktif membuat konten sosial media, serta melakukan promosi menggunakan platform e-commerce dan sosial media seperti melakukan paid promote, Instagram Ads, dan endorsement. Pada penelitian ini juga dianalisis penilaian investasi Berdasarkan perhitungan, diperoleh DPP selama 10.52 bulan, NPV senilai Rp 244.518.411, dan IRR senilai 28%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan model bisnis pada "More Cookies" menggunakan business model canvas en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901232
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account