Abstract:
Kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang saat ini sedang memiliki potensi besar
dalam menarik konsumen, terutama di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin
banyak bisnis baru yang muncul, maka semakin banyak pesaing yang akan bersaing,
terutama di sektor roti dan kue. D'Vicha Bakery adalah UMKM di sektor roti dan kue yang
juga merasakan banyaknya persaingan di bidang roti dan kue saat ini. Masalah lain yang
dihadapi D’Vicha Bakery adalah tidak tercapainya target penjualan setiap tahunnya.
Menurut owner D’Vicha Bakery, hal paling utama yang dapat berpengaruh dalam
menghadapi persaingan ini adalah kesadaran konsumen akan suatu brand (brand
awareness). Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui jenis pemasaran apa
yang dapat meningkatkan brand awareness konsumen dan usulan apa yang diberikan
untuk brand D’Vicha Bakery. Model penelitian dibentuk berdasarkan penelitian terdahulu,
lalu diverifikasi melalui wawancara dengan pemilik dengan konsumen. Pada model
penelitian, terdapat empat variabel bebas, yaitu social media advertising, direct marketing,
public relation, dan word of mouth. Setiap variabel terdiri atas jumah atribut yang berbeda,
yaitu 5 atribut social media advertising, 3 atribut direct marketing, 2 atribut public relation,
dan 3 atribut word of mouth. Di sisi lain, variabel terikat pada model penelitian ini adalah
brand awareness yang terdiri atas 5 atribut. Pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran kuesioner menggunakan google form. Jumlah sampel yang digunakan dalam
pengolahan data ada sebanyak 90 responden. Skripsi ini akan menggabungkan antara
data yang telah dikumpulkan dan metode yang akan dihasilkan dalam menjawab
pertanyaan penelitian. Penulis akan menggunakan metode PLS-SEM untuk mengolah dan
menganalisis hasil penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jenis
pemasaran yang berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan brand awareness
konsumen pada brand D’Vicha Bakery adalah direct marketing, public relation, dan word
of mouth. Social media advertising tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap
peningkatan brand awareness konsumen. Adapun terdapat 8 usulan yang diberikan untuk
D'Vicha Bakery. Beberapa usulan perbaikan tersebut diantaranya, membuat toko offline di
rumah, melakukan komunikasi rutin dengan konsumen, dll. Semua usulan diterima dengan
baik oleh owner karena feasible untuk dilakukan dan realisasinya akan dilakukan secara
bertahap sesuai dengan kondisi di masa depan.