Upaya peningkatan brand awareness BPR “X” berdasarkan analisis pengaruh dari determinan advertising, word of mouth dan social media marketing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Salsabila, Rayhana
dc.date.accessioned 2024-07-29T07:39:17Z
dc.date.available 2024-07-29T07:39:17Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45199
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17989
dc.description 6447 - FTI en_US
dc.description.abstract BPR X merupakan salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Bandung yang sudah berdiri selama 20 tahun. Meskipun telah berdiri lama, BPR X tetap dihadapi dengan persaingan yang ketat untuk mendapatkan nasabahnya. Diketahui BPR X saat ini tengah mengalami penurunan nasabah selama tiga tahun terakhir. Hal ini dikarenakan setiap tahunnya jumlah brand BPR di kota Bandung terus mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, berdasarkan pada penelitian awal ditemukan bahwa sebesar 94,12% responden tergolong unaware terhadap brand BPR X ini atau dengan kata lain tidak mengetahui dan tidak menyadari adanya brand BPR X, sehingga dapat dikatakan bahwa brand awareness target pasar terhadap BPR X masih tergolong rendah. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian ini sebagai upaya dalam meningkatkan brand awareness BPR X. Model penelitian yang digunakan mengacu pada hasil wawancara terhadap target pasar maupun pengembangan model penelitian terdahulu yang menggunakan determinan advertising, word of mouth dan sosial media marketing sebagai variabel independen. Atribut ditentukan melalui masing-masing variabel, dengan 4 atribut untuk advertising, 9 atribut untuk sosial media marketing, 4 atribut untuk word of mouth dan 5 atribut untuk brand awareness. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan 22 atribut kepada 110 responden. Adapun dalam penelitian ini, pengolahan data dilakukan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan sosial media marketing memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand awareness BPR, sedangkan variabel advertising tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness BPR. Selanjutnya berdasarkan hasil yang ada, maka dibentuk usulan dalam meningkatkan brand awareness BPR X mengacu pada determinan word of mouth dan sosial media marketing. Usulan untuk sosial media marketing terdiri dari 10 buah usulan dengan 4 buah usulan pada indikator entertainment, 2 buah usulan pada indikator interaction, 2 buah usulan pada indikator trendiness dan 2 buah usulan pada indikator customization. Kemudian terdapat pula 6 buah usulan untuk determinan word of mouth. Sebanyak 13 usulan diterima sedangkan 3 buah usulan lainnya dipertimbangkan oleh pihak BPR X. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject BRAND AWARENESS en_US
dc.subject BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) en_US
dc.title Upaya peningkatan brand awareness BPR “X” berdasarkan analisis pengaruh dari determinan advertising, word of mouth dan social media marketing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901176
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account