Abstract:
Pivot Coffee merupakan salah satu coffee shop yang berada di Kota Bandung dan
berlokasi di Jalan Cikutra. Dalam menjalankan bisnisnya, telah dilakukan berbagai upaya
namun masih belum memberikan keuntungan. Berdasarkan hasil wawancara dan
pengamatan, diketahui bahwa permasalahan ini berkaitan dengan jumlah pengunjung.
Peningkatan penjualan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi pelanggan potensial.
Maka, perlu dilakukan segmentasi pasar (segmenting) untuk mengetahui karakteristik dari
orang yang suka mengunjungi coffee shop di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner ke orang yang pernah mengunjungi coffee shop di Kota
Bandung. Hasil kuesioner diseleksi lalu diuji validitas dan reliabilitasnya. Perolehan data
diolah dengan metode k-means clustering untuk mengetahui pengelompokkan konsumen
dengan karakteristik yang sama. Dari lima segmen yang terbentuk, target pasar (targeting)
ditentukan pada segmen 1. Positioning untuk Pivot Coffee adalah “Coffee shop untuk
generasi Z yang senang bergaul dan berdiskusi ditemani dengan kopi yang berkualitas
serta suasana yang nyaman dan inspiratif”. Dalam menghantarkan nilai yang sesuai
dengan karakteristik dan kebutuhan konsumen, diberikan usulan bauran pemasaran 7P
untuk meningkatkan penjualan.