Abstract:
Nomadic Coffee merupakan salah satu coffee shop yang berlokasi di Jalan Jurang, Kota Bandung. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah dengan menawarkan konsep yang unik dan menarik. Namun usaha ini belum membuahkan hasil, penjualan Nomadic kerap kali tidak mencapai target. Untuk meningkatkan penjualan perlu dilakukan langkah-langkah pemasaran yaitu segmenting, targeting, dan positioning. Pertama perlu diketahui segmentasi pasar untuk mengetahui konsumen yang suka mengunjungi coffee shop di Bandung. Dilakukan penyebaran kuesioner ke konsumen Nomadic dan konsumen yang berpeluang menjadi konsumen Nomadic. Setelah diperoleh data, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Bila didapatkan hasil valid dan reliabel, maka dapat dilakukan pengelompokkan konsumen yang memiliki kesamaan. Dari beberapa segmen akan dipilih segmen yang menguntungkan dan dapat dipenuhi oleh Nomadic. Dari 180 responden didapatkan 5 segmen dan dipilih 1 segmen yang menjadi usulan target pasar Nomadic. Selanjutnya perlu dilakukan positioning untuk mengetahui posisi Nomadic di mata konsumen. Positioning yang diusulkan adalah “Coffee shop yang menawarkan suasana dengan konsep unfinished yang nyaman untuk bersosialisasi dengan harga yang terjangkau”. Selanjutnya diberikan usulan bauran pemasaran dengan menggunakan strategi 7P untuk merealisasikan positioning dan meningkatkan penjualan.