Perancangan produk interaktif berbasis STEM dengan metode desain interaksi terhadap siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.advisor Alberto, Giovano
dc.contributor.author Rusianda, Radar Putra
dc.date.accessioned 2024-07-27T07:07:25Z
dc.date.available 2024-07-27T07:07:25Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45190
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17958
dc.description 6438 - FTI en_US
dc.description.abstract STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) merupakan pembelajaran kolaboratif antara sains, teknologi, teknik, dan matematika. Pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang terbukti dari pendidikan negara Amerika yang menduduki posisi ke-2 dunia. SMP Kuntum Cemerlang merupakan sekolah swasta yang berlokasi di Bandung. Permasalahan yang terjadi dalam sekolah ini adalah masih terdapatnya pembelajaran yang bersifat konvensional. Hasil wawancara dari guru biologi didapatkan bahwa murid kurang memahami materi yang diberikan. Penanganan yang dapat dilakukan yaitu pembelajaran yang menggunakan alat peraga berbasis STEM. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang produk interaktif sebagai alat peraga pembelajaran IPA. Alat peraga pembelajaran dirancang dengan menggunakan metode desain interaksi. Pengumpulan data didapat melalui wawancara kepada guru dan murid SMP sehingga menghasilkan 9 daftar kebutuhan seperti alat peraga yang representatif, sederhana, daya tahan yang baik, estetik, informatif, mudah dibawa, mudah untuk dibuat, menambah wawasan murid, serta dapat dijual belikan. Selanjutnya dilakukan perancangan alternatif konsep dengan membuat 3 alternatif konsep oleh partisipan. Alternatif konsep yang terpilih kemudian dibuat menjadi prototipe dengan jenis high-fidelity. Prototipe tersebut dievaluasi dengan menggunakan metode usability testing yang terdiri dari 3 aspek diantaranya yaitu efisiensi, efektivitas dan usability. Hasil dari evaluasi menghasilkan nilai efisiensi sebesar 78%, nilai efektivitas sebesar 92% dan nilai System Usability Scale (SUS) sebesar 70.4. Ketiga nilai aspek tersebut menunjukkan bahwa alat peraga pembelajaran layak digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Terdapat beberapa komentar dari responden yang digunakan dalam perbaikan prototipe sehingga suntikan diganti menjadi suntikan yang lebih besar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan produk interaktif berbasis STEM dengan metode desain interaksi terhadap siswa SMP en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901149
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414109703
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account