Abstract:
STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) merupakan pembelajaran kolaboratif antara sains, teknologi, teknik, dan matematika. Pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang terbukti dari pendidikan negara Amerika yang menduduki posisi ke-2 dunia. SMP Kuntum Cemerlang merupakan sekolah swasta yang berlokasi di Bandung. Permasalahan yang terjadi dalam sekolah ini adalah masih terdapatnya pembelajaran yang bersifat konvensional. Hasil wawancara dari guru biologi didapatkan bahwa murid kurang memahami materi yang diberikan. Penanganan yang dapat dilakukan yaitu pembelajaran yang menggunakan alat peraga berbasis STEM. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang produk interaktif sebagai alat peraga pembelajaran IPA. Alat peraga pembelajaran dirancang dengan menggunakan metode desain interaksi. Pengumpulan data didapat melalui wawancara kepada guru dan murid SMP sehingga menghasilkan 9 daftar kebutuhan seperti alat peraga yang representatif, sederhana, daya tahan yang baik, estetik, informatif, mudah dibawa, mudah untuk dibuat, menambah wawasan murid, serta dapat dijual belikan. Selanjutnya dilakukan perancangan alternatif konsep dengan membuat 3 alternatif konsep oleh partisipan. Alternatif konsep yang terpilih kemudian dibuat menjadi prototipe dengan jenis high-fidelity. Prototipe tersebut dievaluasi dengan menggunakan metode usability testing yang terdiri dari 3 aspek diantaranya yaitu efisiensi, efektivitas dan usability. Hasil dari evaluasi menghasilkan nilai efisiensi sebesar 78%, nilai efektivitas sebesar 92% dan nilai System Usability Scale (SUS) sebesar 70.4. Ketiga nilai aspek tersebut menunjukkan bahwa alat peraga pembelajaran layak digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Terdapat beberapa komentar dari responden yang digunakan dalam perbaikan prototipe sehingga suntikan diganti menjadi suntikan yang lebih besar.