Abstract:
Orchid 8 Bakery merupakan toko kue daring yang berada di Bandung dan menjual produk dessert seperti roti, kue kering, dan lapis legit. Orchid 8 Bakery melakukan penjualan dengan hanya menggunakan aplikasi Instagram. Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan, dapat dikatakan bahwa 78.6% responden tidak memiliki minat untuk membeli produk Orchid 8 Bakery. Maka dilakukan penelitian terkait usulan upaya peningkatan niat beli secara daring untuk Orchid 8 Bakery. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian terdahulu yang telah disesuaikan dengan objek penelitian dan variabel pada penelitian ini adalah product, e-trust, social factors, online store image, social media marketing, dan viral marketing. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk menguji 6 hipotesis dan didapatkan sebanyak 122 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan PLSSEM dan kesimpulannya adalah variabel yang mempengaruhi niat beli daring adalah product dan social factors. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa 48.9% niat beli daring dipengaruhi oleh variabel product dan social factors. Perbaikan dilakukan dengan memberikan usulan dengan mengganti packaging roti, menjual produk yang sama untuk setiap seasonnya dengan dekorasi yang berbeda mengikuti season, melakukan bundling untuk hampers, melakukan diskon harga dengan early bird price untuk produk hampers, dan memanfaatkan fitur highlight pada Instagram untuk menunjukkan feedback dari para customer. Berdasarkan usulan tersebut, problem owner menerima seluruh usulan tersebut.