Abstract:
Industri tekstil dan produk tekstil merupakan salah satu sektor unggulan yang mencatat kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Salah satu toko yang bergerak di bidang tesktil adalah Toko Rejeki Baru yang berada di kota Bandung. Berdasarkan identifikasi masalah, penjualan di Toko Rejeki Baru sangat berfluktuatif untuk setiap bulannya tetapi cenderung mengalami penurunan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli konsumen di toko tekstil. Dalam penelitian ini didapatkan sebanyak 8 buah variabel yang digunakan yaitu produk, kualitas pelayanan, harga, suasana toko, lokasi, kepercayaan konsumen, distribusi, dan minat beli konsumen. Penggumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yang pernah mengunjungi toko tekstil sebanyak 93 data. Hasil dari penyebaran kuesioner yang dapat digunakan dan dapat diolah sebanyak 86 data. Setelah itu, dilakukan pengujian model penelitian menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling). Dari hasil pengujian model pengukuran didapatkan bahwa model sudah valid dan reliabel. Kemudian, hasil dari pengujian model struktural menunjukkan bahwa terdapat 4 buah variabel yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen yaitu kepercayaan konsumen, produk, lokasi, dan suasana toko. Berdasarkan variabel yang mempengaruhi akan diperoleh 7 buah usulan yang diberikan untuk meningkatkan minat beli konsumen di toko tekstil yaitu memperbolehkan untuk melakukan penukaran atau retur barang, menambah metode pembayaran seperti qris, hingga menyediakan penjualan melalui online.