Perancangan permainan papan edukasi berbasis kearifan lokal bagi remaja untuk menunjang pembelajaran keberlanjutan sosial

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Mulyani, Melita
dc.date.accessioned 2024-07-27T03:07:46Z
dc.date.available 2024-07-27T03:07:46Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45171
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17948
dc.description 6421 - FTI en_US
dc.description.abstract Keberlanjutan sosial merupakan salah satu aspek perwujudan keberlanjutan baik dalam konsep triple bottom line maupun dalam target dan tujuan SDGs. Keberlanjutan sosial merupakan proses untuk menciptakan tempat yang berkelanjutan, tempat yang berhasil untuk menawarkan kesejahteraan dengan memahami apa yang orang butuhkan dari tempat mereka hidup dan bekerja. Pada 17 tujuan dan 169 target SDGs, keberlanjutan sosial tergambarkan dalam tujuan pilar pembangunan sosial yang meliputi (1) tanpa kemiskinan, (2) tanpa kelaparan, (3) kehidupan sehat dan sejahtera, (4) pendidikan berkualitas, dan (5) kesetaraan gender. Remaja yang merupakan generasi penerus juga harus mulai mengetahui prinsip terkait keberlanjutan sosial. Orang yang bermain permainan papan terbukti dapat menyerap dan menghafal materi lebih efektif dibandingkan dengan teknik belajar konvensional. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara kepada target user yakni remaja berusia 15-19 tahun untuk mengetahui kondisi saat ini mengenai pengetahuan mereka tentang konsep keberlanjutan sosial. Selanjutnya, dilakukan identifikasi kebutuhan untuk permainan papan kepada target user, game master, penggiat kearifan lokal, guru, dan dosen. Setelah mengetahui daftar kebutuhan pengguna, maka dilakukan pengembangan konsep dan dihasilkan empat buah alternatif konsep rancangan. Pemilihan konsep dilakukan dengan metode external decision dan hasil dari konsep terpilih akan dikembangkan pada tahap prototipe. Pengujian prototipe dilakukan dengan cara memainkan permainan papan hingga selesai dan diadakan wawancara, pretest, post-test, serta pengisian kuesioner mengenai sustainability awareness sebelum dan sesudah pengujian permainan papan. Hasil yang didapat dari pengujian adalah kenaikan nilai post-test menjadi 83,33 dari nilai pre-test awal sebesar 52,38 dan rata-rata hasil akhir kuesioner tentang sustainability awareness sebesar 3,19 dari rata-rata awal sebesar 2,56. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan sustainability awareness khususnya mengenai keberlanjutan sosial bagi para remaja dari tingkat sedang ke tingkat tinggi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject KEBERLANJUTAN SOSIAL en_US
dc.subject PERMAINAN PAPAN en_US
dc.subject SUSTAINABILITY AWARENESS en_US
dc.title Perancangan permainan papan edukasi berbasis kearifan lokal bagi remaja untuk menunjang pembelajaran keberlanjutan sosial en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901115
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411107801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account