Upaya perbaikan bagi Hotel Limindo Pasifik berdasarkan faktor yang memengaruhi niat beli konsumen di hotel budget

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Justin
dc.date.accessioned 2024-07-25T07:52:27Z
dc.date.available 2024-07-25T07:52:27Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45154
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17908
dc.description 6409 - FTI en_US
dc.description.abstract Peningkatan jumlah wisatawan di Batam membuat hotel-hotel saling bersaing dalam menarik pelanggan untuk menginap. Hotel Limindo Pasifik merupakan sebuah hotel di Batam yang terletak di daerah Nagoya. Semenjak pandemi melanda, omset yang didapatkan sekarang jauh berbeda dengan omset yang didapatkan sebelum pandemi. Omset yang didapatkan setelah pandemi hanya berkisar antara 40% hingga 50% dari omset yang didapatkan sebelum pandemi. Hal tersebut diduga terjadi karena rendahnya niat beli konsumen terhadap Hotel Limindo. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan niat beli konsumen terhadap Hotel Limindo. Penelitian dimulai dengan pembuatan model dan menentukan variabel serta atribut yang memengaruhi niat beli konsumen untuk memesan hotel budget. Hal tersebut dilakukan berdasarkan penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya. Setelah itu, dilakukan perancangan serta penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data yang akan diolah nantinya. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Selain itu, tingkat niat konsumen untuk memesan Hotel Limindo dilakukan dengan menghitung rata-rata dari nilai variabel terkait. Dari hasil pengolahan data, didapatkan faktor yang memengaruhi niat beli konsumen untuk memesan hotel budget adalah perceived value, kepercayaan terhadap hotel, dan kepuasan. Faktor perceived value dipengaruhi oleh faktor harga dan kualitas. Faktor kepercayaan terhadap hotel dipengaruhi oleh faktor online review. Diberikan pula usulan pada faktor yang memengaruhi niat beli konsumen seperti usulan melakukan pertimbangan untuk melakukan renovasi terhadap interior dan eksterior hotel, menambah ataupun mengganti fasilitas lama dengan yang baru, pemberian tanggapan terhadap ulasan yang ada di internet, dan lain-lain. Usulan yang diberikan telah diajukan ke pihak manajemen dan disetujui untuk diimplementasikan dalam waktu dekat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Upaya perbaikan bagi Hotel Limindo Pasifik berdasarkan faktor yang memengaruhi niat beli konsumen di hotel budget en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901086
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account