Abstract:
Perkembangan teknologi dan internet dapat dilihat dari banyaknya aplikasi yang
menyediakan layanan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan menunjang aktivitas
masyarakat. Salah satu perusahaan penyedia layanan berbasis aplikasi yang menunjang
aktivitas masyarakat adalah PT Khazanah Hijau Indonesia atau Rekosistem, yang sudah
beroperasi sejak tahun 2018. Aplikasi Rekosistem menunjang akvititas masyarakat dalam
mengelola sampah secara mandiri dan membuangnya dengan lebih bertanggung jawab.
Hingga saat ini, evaluasi belum pernah dilakukan terhadap Aplikasi Rekosistem. Hasil
wawancara terhadap beberapa responden menunjukkan bahwa Aplikasi Rekosistem
memiliki beberapa permasalahan usability, serta kurang menarik bagi pengguna.
Berdasarkan hal tersebut, evaluasi perlu dilakukan untuk dapat mengetahui lebih lanjut
terkait permasalahan usability pada aplikasi. Salah satu cara mengetahui hasil evaluasi
secara terukur adalah dengan melakukan usability testing dan analisis aspek gamifikasi
dengan kerangka Mechanics, Dynamics, dan Aesthetics (MDA). Usability testing dilakukan
terhadap 3 kriteria yaitu effectiveness, efficiency, dan usefulness. Hasil evaluasi usability
testing dan analisis aspek gamifikasi berdasarkan kerangka MDA menunjukkan nilai akhir
yang kurang baik. Hasil dari usability testing juga menunjukkan adanya usability problem
yang ditemukan pada aplikasi. Rancangan usulan perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe
high-fidelity. Rancangan usulan perbaikan dievaluasi dengan menggunakan metode yang
sama, dan menghasilkan analisis terhadap penyelesaian usability problem. Hasil evaluasi
terhadap rancangan usulan perbaikan menunjukkan peningkatan dari segi usability dan
aspek gamifikasi.