Abstract:
Gedung kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat terletak dekat dengan sumber kebisingan lalu lintas di persimpangan Jl. Jakarta - Jl. Supratman. Kebisingan berlebihan dapat menyebabkan gangguan komunikasi, menurunkan kinerja, dan bahkan respon fisiologis, seperti meningkatkan tekanan darah dan gangguan tidur. Kebisingan memberikan dampak negatif terhadap kenyamanan audial pengguna gedung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi tingkat kebisingan dari jalan raya yang mengganggu pada bangunan. Kebisingan ini mempengaruhi nilai noise criteria ruang yang digunakan untuk mengukur standar kenyamanan audial terkait bising latar belakang. Lalu, dari hasil noise criteria tersebut, diperoleh data untuk solusi optimalisasi insulasi bising selubung bangunan pada kantor Kadin Jawa Barat. Penelitian menggunakan metode pengukuran bising dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan cara pengukuran Sound Pressure Level, perhitungan Noise Criteria (NC), dan perhitungan noise reduction pada rancangan dinding muka. Kondisi kebisingan pada lingkungan kantor Kadin Jawa Barat tidak memenuhi standar Keputusan Menteri Lingkungan Hidup, yakni 90.7 dB (84.1 dB-A) pada Jl. Jakarta dan 88.5 dB (81.1 dB-A) pada Jl. Sukabumi. Secara keseluruhan, kebisingan ruang dalam pada seluruh titik berada di atas NC40, tidak memenuhi standar kebisingan latar belakang untuk bangunan kantor. Selubung bangunan eksisting belum efektif dalam mereduksi kebisingan dengan nilai noise reduction sebesar 9.9-11.5 dB pada sisi utara dan pada sisi barat sebesar 13.9-20.7 dB. Diperlukan peningkatan noise reduction sebesar 12.9-24.4 dB untuk mencapai nilai noise reduction 33.8-34.4 dB atau setara STC 33. Hasil simulasi 2 tipe selubung bangunan dengan panel GRC dengan derajat ketertutupan 30% hingga 50% dapat mereduksi kebisingan sebesar 30,5 dB pada sisi utara dan 29,5 pada sisi barat Hasil simulasi noise reduction menunjukkan tingkat kebisingan ruang dalam sebesar 53,7 dB (50,5 dB-A) di sisi utara dan 51,7 dB (41,6 dB-A) di sisi barat sehingga berhasil mencapai standar kebisingan latar belakang, dengan nilai NC35 di sisi utara dan NC40 di sisi barat.