Pengembangan dan pengujian efektivitas permainan papan berbasis kearifan local bagi keluarga untuk menunjang pembelajaran keberlanjutan lingkungan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Suryaputra, Ferian Eleazar
dc.date.accessioned 2024-07-18T09:47:24Z
dc.date.available 2024-07-18T09:47:24Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45102
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17767
dc.description 6367 - FTI en_US
dc.description.abstract Penerapan keberlanjutan lingkungan di Indonesia masih jarang diterapkan pada masyarakat. Hal tersebut digambarkan dimana Indeks Perilaku Ketidakpendulian Lingkungan Hidup (IPKLH) tergolong masih cukup rendah sebesar 51%. Selain itu, tingkat ketidakpedulian terhadap pengelolaan sampah di Indonesia tergolong tinggi sebesar 72%. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia memerlukan suatu alat pembelajaran terkait keberlanjutan lingkungan yang dapat diterapkan pada keluarga yaitu dengan permainan papan. Penelitian yang dilakukan merupakan lanjutan dalam pengembangan dan pengujian permainan papan berbasis keberlanjutan lingkungan dan kearifan lokal Yogyakarta. Pengembangan yang dilakukan melalui wawancara kepada user menggunakan pendekatan user centered design. Target user adalah keluarga yang memiliki anak usia 7-11 tahun sesuai penelitian sebelumnya. Penentuan identifikasi kebutuhan selain kepada 6 user dilakukan juga kepada penggiat lingkungan. Kebutuhan yang diperoleh terdapat 6 identifikasi kebutuhan seperti permainan papan yang interaktif, permainan papan yang mudah dimainkan, dan lain-lain. Perancangan konsep pengembangan didasarkan pada benchmarking dan design workshop. Hasil konsep prototipe yang diterapkan dipilih berdasarkan concept scoring dari 3 konsep yang telah dirancang. Konsep yang terpilih merupakan permainan papan dimana cara memainkannya seperti ludo yang dikemas dengan konten keberlanjutan lingkungan dan kearifan lokal Yogyakarta. Pengujian yang dilakukan menggunakan pretest-posttest designs dan wawancara terkait feedback prototipe kepada 12 responden. Hasil feedback tersebut memberikan kesan positif dimana permainan papan tersebut menyenangkan, asik, mendidik, interaktif, dan meningkatkan kesadaran akan lingkungan. Lalu, hasil pengujian pretest-posttest designs yang didapat nilai rata-rata pretest terhadap posttest yaitu dari nilai 46 menjadi nilai 70 dimana terdapat peningkatan sebesar 23% dan hasil uji beda paired t-test yang diperoleh permainan papan tersebut efektif terhadap pembelajaran bagi keluarga karena terdapat perbedaan dari nilai rata-rata pretest terhadap postest responden. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Pengembangan dan pengujian efektivitas permainan papan berbasis kearifan local bagi keluarga untuk menunjang pembelajaran keberlanjutan lingkungan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901015
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411107801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account