Usulan perbaikan bagi rekosistem berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi minat beli komposter secara daring

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Sendjaja, Katherine
dc.date.accessioned 2024-07-18T07:37:24Z
dc.date.available 2024-07-18T07:37:24Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45108
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17749
dc.description 6373 - FTI en_US
dc.description.abstract Peningkatan transaksi e-commerce tampak dari laporan Bank Indonesia yang menunjukkan peningkatan nilai transaksi e-commerce setiap tahunnya dan mencapai Rp 530 triliun pada tahun 2022. Hal tersebut menjadi penanda bahwa pelaku bisnis harus beradaptasi dengan melakukan penjualan secara online. Salah satu pelaku bisnis yang memilih untuk menjual barangnya secara online adalah Rekosistem. Rekosistem sendiri merupakan sebuah perusahaan start-up manajemen nir sampah dan salah satu produk yang dijual oleh Rekosistem adalah komposter. Penjualan awal komposter meningkat hingga pada puncak di bulan Mei 2021 dengan pendapatan sebesar Rp13,875,000. Namun, setelah bulan Agustus 2021, penjualan terus menurun bahkan pendapatan terendah berada pada bulan Oktober 2022 dengan pendapatan sebesar Rp 200,000. Oleh karena ketidakpuasan manajer akan penghasilan yang didapatkan, perlu dilakukan penelitian untuk mengatasi penurunan penjualan komposter di Toko Rekosistem. Berdasarkan hasil studi literatur, terdapat 5 variabel yang diteliti yaitu kualitas pelayanan, promosi, E-WOM, citra merek, dan harga. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada target pasar dan didapatkan 98 data yang akan diolah menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan hasil 2 dari 5 hipotesis diterima. Faktor yang mempengaruhi minat beli adalah citra merek dan harga. Kemudian berdasarkan faktor tersebut, dihasilkan 7 usulan untuk meningkatkan minat beli komposter di Rekosistem. Usulan yang diberikan meliputi mengikuti aktivitas seperti workshop atau bazaar, membuat konten di Instagram manfaat komposter, membuat highlight Instagram mengenai pengalaman pengguna komposter Rekosistem, membuat konten di Instagram mengenai kelebihan komposter Rekosistem, mengganti buku panduan dengan QR code, mencari supplier ember yang lebih murah, dan membuat konten di Instagram mengenai bahan yang dipakai serta ketahanan produk. Seluruh usulan telah didiskusikan dengan pihak Rekosistem dan akan diimplementasikan dalam waktu dekat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan bagi rekosistem berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi minat beli komposter secara daring en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901024
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account