Analisis kecepatan pengemudi menuju penyebrangan zebra tanpa sinyal

Show simple item record

dc.contributor.advisor Joewono, Tri Basuki
dc.contributor.author Simangunsong, Dwina Febyani
dc.date.accessioned 2024-07-12T07:40:43Z
dc.date.available 2024-07-12T07:40:43Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44318
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17636
dc.description 6984 - FTS en_US
dc.description.abstract Penyeberangan zebra merupakan salah satu fasilitas utama bagi pejalan kaki, namun konflik antara pengemudi dan pejalan kaki paling sering terjadi ketika pejalan kaki menyeberang jalan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengemudi saat menuju penyeberangan zebra ketika terdapat pejalan kaki yang sedang menunggu untuk menyeberang atau yang sedang menyeberang serta untuk mengetahui pada jarak berapa pengemudi mulai melakukan perubahan kecepatan berdasarkan posisi pejalan kaki dengan pengemudi. Penelitian dilakukan di empat lokasi penyeberangan zebra tanpa sinyal di Kota Bandung dengan hierarki jalan arteri sekunder yaitu pada Jl. Diponegoro, Jl. W. R. Supratman, Jl. Laswi, dan Jl. Peta. Data kecepatan pengemudi diambil menggunakan rekaman video kemudian analisis kecepatan kendaraan dilakukan menggunakan software Logger Pro. Software SPSS digunakan untuk uji ANOVA dan uji-t independen. Analisis menghasilkan kesimpulan bahwa perubahan kecepatan pengemudi menuju penyeberangan zebra sangat dipengaruhi oleh keberadaan pejalan kaki. Pengemudi tidak menghiraukan keberadaan pejalan kaki yang masih berada di median atau tepi jalan. Hasil uji ANOVA menyatakan hanya ketika pengemudi berada sangat dekat dengan penyeberang, pengemudi terpengaruh untuk mengurangi kecepataanya secara signifikan. Melalui uji ANOVA lanjut yaitu uji post hoc tukey diketahui pada jarak 20 m sebelum penyeberangan zebra pengemudi mulai mengurangi kecepatannya secara signifikan. Sebagian besar pengemudi melanggar aturan lalu lintas karena tidak memprioritaskan penyeberang, pengemudi hanya akan mengurangi kecepatannya secara signifikan apabila ada kemungkinan untuk menabrak pejalan kaki. Hasil uji-t independen menyimpulkan bahwa perbedaan jumlah lajur penyeberangan tidak menunjukkan perilaku kecepatan pengemudi yang berbeda. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject PEJALAN KAKI en_US
dc.subject PENYEBERANGAN ZEBRA en_US
dc.subject INTERAKSI PEJALAN KAKI DENGAN PENGEMUDI en_US
dc.title Analisis kecepatan pengemudi menuju penyebrangan zebra tanpa sinyal en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6101801118
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418107401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account