Abstract:
Kinerja merupakan suatu hasil kerja yang diciptakan pegawai berdasarkan
visi, misi dari organisasi dalam menghasilkan suatu perubahan untuk birokrasi
dan memberikan pelayanan secara efektif dan efisien baik antara bawahan dan
atasan, sesama staf, dan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan kinerja Sekretariat DPRD Kabupaten Landak dan untuk
mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat kinerja di Sekretariat DPRD
Kabupaten Landak menggunakan kerangka teori kinerja berdasarkan 5 indikator
kinerja yang terdiri dari produktivitas, kualitas layanan, responsivitas,
responsibilitas, dan akuntabilitas.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara pegawai Sekretariat dan anggota DPRD
Kabupaten Landak, Observasi yang dilakukan di Kantor DPRD Kabupaten
Landak, serta studi dokumen yang berkaitan dengan kinerja pegawai Sekretariat
DPRD Kabupaten Landak.
Berdasarkan analisis yang dilakukan melalui 5 indikator kinerja bahwa
kinerja di Sekretariat DPRD Kabupaten Landak belum optimal. Masih terdapat
indikasi bahwa kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Landak kurang
disiplin, kurangnya sumber daya manusia di setiap bagian Sekretariat DPRD
Kabupaten Landak, insentif yang diberikan tidak sesuai dengan beban tugas yang
diberikan, dan kurangnya sanksi tegas yang diberikan kepada pegawai yang
melanggar disiplin kerja pegawai.