Upaya Brazil dalam meningkatkan nation branding melalui turnamen olahraga Internasional : Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Setiadi, Fabianus Danny
dc.date.accessioned 2024-07-10T06:28:59Z
dc.date.available 2024-07-10T06:28:59Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44882
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17546
dc.description 10310 - FISIP en_US
dc.description.abstract Dalam aktivitas politiknya, Brazil memanfaatkan olahraga sebagai salah satu instrumen soft power melalui diplomasi olahraga. Brazil memiliki keunggulan dalam diplomasi olahraga melalui sepak bolanya yang sudah diakui dunia. Berbagai macam prestasi dan sejarah telah diukir Brazil dalam berbagai turnamen olahraga. Brazil ingin meningkatkan citra negaranya melalui diplomasi olahraga dengan memanfaatkan kedua turnamen olahraga internasional, yakni Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016. Di sisi lain, Brazil memiliki citra negara yang cenderung kurang baik. Ketimpangan sosial, tingkat kriminal yang tinggi, pembangunan yang belum merata, serta beberapa permasalahan lainnya turut menjadi pertimbangan tersendiri yang mempertanyakan kelayakan Brazil yang ditunjuk menjadi tuan rumah kedua turnamen olahraga tersebut. Sehingga, penelitian ini akan mencoba membahas mengenai keberhasilan Brazil dalam memanfaatkan diplomasi olahraga melalui Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka peneliti membuat pertanyaan penelitian “Bagaimana Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016 mampu mendukung Brazil dalam meningkatkan citra positif negaranya?”. Maka untuk menjawab pertanyaan penelitian serta mendukung analisisnya, peneliti akan menggunakan beberapa konsep dan teori yaitu soft power, diplomasi publik, diplomasi olahraga, dan nation branding. Penelitian ini dilakukan dengan bentuk metode penelitian kualitatif yang mana peneliti menggunakan analisis dengan data sekunder sebagai pendukung. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa Brazil sukses dalam menggunakan diplomasi olahraga dengan memanfaatkan turnamen olahraga internasional untuk meningkatkan citra negaranya. Selain itu peneliti juga menyimpulkan jika diplomasi olahraga merupakan bentuk diplomasi yang efektif dalam menarik perhatian masyarakat internasional secara universal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject SOFT POWER en_US
dc.subject BRAZIL en_US
dc.subject DIPLOMASI PUBLIK en_US
dc.subject OLIMPIADE en_US
dc.subject DIPLOMASI OLAHRAGA en_US
dc.subject SEPAK BOLA en_US
dc.title Upaya Brazil dalam meningkatkan nation branding melalui turnamen olahraga Internasional : Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901126
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account