Pengaruh nation branding “Wonderful Indonesia” pada Indofest Australia dalam meningkatkan wisatawan Australia ke Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Karman, Mireille Marcia
dc.contributor.author Muhammad, Rifqi Alifiano
dc.date.accessioned 2024-07-10T04:00:59Z
dc.date.available 2024-07-10T04:00:59Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44914
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17544
dc.description 10341 - FISIP en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara yang memiliki keunggulan dalam sektor pariwisata. Berbagai upaya dilakukan untuk memajukan pariwisata Indonesia, salah satunya dengan membentuk nation branding “Wonderful Indonesia”. Kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia tahun 2015 mengalami penurunan. Sehingga Pemerintah gencar melakukan upaya diplomasi untuk mempromosikan Wonderful Indonesia baik di dalam maupun diluar negeri. Penelitian ini akan membahas keterlibatan Kemenparekraf melalui Wonderful Indonesia pada tahun 2015-2019 dalam Indofest Australia yang pertama kali diinisasi oleh Australia Indonesia Association of South Australia Incorporated (AIASA). Penelitian ini bermaksud untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana Nation Branding “Wonderful Indonesia” pada Indofest Australia Mempengaruhi Peningkatkan Wisatawan Australia ke Indonesia pada tahun 2015-2019?” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yakni teknik pengumpulan data sekunder yang didapatkan dari jurnal, buku, media massa, dan data resmi serta wawancara dengan pemerintahan. Untuk menjawab anomali yang ada penulis menggunakan teori Diplomasi Publik oleh Jan Melissen dengan konsep nation branding oleh Simon Ahnolt dan soft diplomacy oleh Joseph S. Nye untuk menganalisis studi kasus yang ada. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penulis dapat menemukan karakteristik diplomasi budaya yang dimiliki oleh Wonderful Indonesia melalui AIASA di Indofest adalah dinamis, komunikatif, kreatif, interaktif, dan berhasil menjadi media yang menjembatani antara kedua negara sehingga dipercaya oleh masyarakat Australia. Keterlibatan Wonderful Indonesia dalam mendukung program Indofest Australia juga memberikan pengaruh terhadap jumlah kunjugan wisatawan asal Australia ke Indonesia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject DIPLOMASI PUBLIK en_US
dc.subject WISATAWAN en_US
dc.subject NATION BRANDING en_US
dc.subject WONDERFUL INDONESIA en_US
dc.subject INDOFEST AUSTRALIA en_US
dc.title Pengaruh nation branding “Wonderful Indonesia” pada Indofest Australia dalam meningkatkan wisatawan Australia ke Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901213
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account