Diplomasi publik Indonesia melalui Presidensi G20 tahun 2021-2022: Nation Branding “Wonderful Indonesia” di tengah krisis perubahan iklim

Show simple item record

dc.contributor.advisor Valerisha, Anggia
dc.contributor.author Lie, Audrey Mayshanda
dc.date.accessioned 2024-07-09T09:18:30Z
dc.date.available 2024-07-09T09:18:30Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44890
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17525
dc.description 10317 - FISIP en_US
dc.description.abstract Citra Indonesia tertuang di dalam penggambaran citranya ke dunia dengan nama yang dikenal sebagai “Wonderful Indonesia”. “Wonderful Indonesia” memiliki peran penting mempromosikan Indonesia di dalam sektor pariwisata. Dampak yang diakibatkan oleh perubahan iklim dapat merusak citra Indonesia yang selama ini telah dibangun melalui “Wonderuful Indonesia”. Kepemimpinan G20 yang dipegang oleh Indonesia memberikan hak istimewa bagi Indonesia untuk menentukan topik yang akan didiskusikan. Melalui pertemuan Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG), Indonesia memiliki kesempatan untuk berdialog bersama delegasi dan organisasi internasional yang hadir. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab pertanyaan: “Bagaimana upaya Diplomasi Publik Indonesia melalui Presidensi G20 dalam Mempertahankan Nation Branding “Wonderful Indonesia” di tengah krisis perubahan iklim?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus untuk memperkuat analisis dari penelitian yang dilakukan. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan dokumendokumen secara digital maupun fisik sebagai data sekunder, dan wawancara sebagai data primer. Peneliti menggunakan 9 indikator Nation Branding yang dipaparkan oleh Szondi dalam menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Penelitian memiliki hasil di mana 9 (sembilan) indikator Szondi diterapkan di dalam rangkaian acara G20 dalam mempertahankan nation branding “Wonderful Indonesia”. Indonesia yang sedang membangun sektor pariwisata pasca Pandemi Covid-19 dan juga menjadi Presidensi G20 menjadi kesempatan untuk kembali mempromosikan negaranya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject INDONESIA en_US
dc.subject G20 en_US
dc.subject PERUBAHAN IKLIM en_US
dc.subject FORUM INTERNASIONAL en_US
dc.title Diplomasi publik Indonesia melalui Presidensi G20 tahun 2021-2022: Nation Branding “Wonderful Indonesia” di tengah krisis perubahan iklim en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901115
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429088704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account