dc.description.abstract |
Citra merek memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan sebuah
merek. Citra merek mencerminkan persepsi umum tentang sebuah merek termasuk
tentang kompetensi dan keuntungan merek, sikap dan perilaku merek, asosiasi merek,
identitas merek, dan juga kepribadian merek. Sama hal nya dengan apa yang terjadi di
Komunitas Bandung Street Workout Addict (Barstard). Pembentukan citra merek yang
di Komunitas Bandung Street Workout Addict (Barstard) menjadi komunitas yang
memiliki citra merek yang kuat sehingga, Barstard menjadi endorser bagi beberapa
merek ternama seperti L-Men, Athletica, Lineation, dll.
Adanya pandemi COVID-19, merubah gaya hidup hampir seluruh
masyarakat. Sejak adanya pandemi, masyarakat lebih peduli tentang kesehatan tubuh,
salah satunya menjadi rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan
adalah dengan olahraga calisthenics. Olahraga calisthenics merupakan olahraga yang
hanya membutuhkan berat badan dari si pelaku olahraga. Barstard merupakan salah
satu komunitas yang bergerak di bidang olahraga calisthenics yang sudah berdiri
sejak tahun 2013 silam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara citra
merek terhadap customer advocacy, citra merek terhadap gaya hidup, gaya hidup
terhadap customer advocacy, dan juga tentang hubungan antara ke 3 variabel pada
penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode kuantitatif asosiatif, yang bertujuan untuk mengetahui adanya
hubungan antara 2 variabel atau lebih. Pengambilan data menggunakan penyebaran
kuesioner penelitian dan diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik.
serta uji statistik non-parametrik menggunakan uji korelasi rank spearman.
Hasil dari penelitian adalah nilai signifikansi yang dimiliki antar variabel
adalah 0, hal tersebut menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara variabel.
Variabel citra merek memiliki korelasi yang kuat dengan customer advocacy dengan
nilai korelasi sebesar 0.646, dan variabel gaya hidup memiliki korelasi yang cukup
dengan customer advocacy dengan nilai korelasi sebesar 0.384. |
en_US |