Abstract:
Perkembangan teknologi dalam era globalisasi tidak hanya memberikan dampak positif dalam perekonomian melainkan juga dalam perkembangan produk kulinari. Budaya hallyu atau yang kerap disebut sebagai Korean Wave memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Korean wave terhadap repurchase intention melalui persepsi dan motivasi generasi X, Y, dan Z sebagai variabel intervening pada produk kuliner Korea di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, ditemukan sebanyak 186 responden yang terdiri dari generasi X, Y, dan Z. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dan explanatory research yang menggunakan teknik variancebased SEM (VB-SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korean wave mempunyai pengaruh positif terhadap persepsi dan motivasi dari generasi X, Y, dan Z. Sehingga, persepsi juga dapat memengaruhi repurchase intention pada produk kuliner di Kota Bandung. Adapun perbedaan tiap generasi pada konsumen memengaruhi seberapa banyak mereka melakukan repurchase intention akan produk kuliner Korea. Maka dari itu, saran peneliti kepada pelaku bisnis sejenis agar dapat membedakan persepsi dan motivasi pasar pada generasi X, Y, dan Z dalam pembelian produk kuliner Korea demi keberlangsungan bisnis tersebut.