Abstract:
Penelitian ini mengatasi kesenjangan penting dalam memahami faktor-faktor yang
mempengaruhi niat perilaku terhadap produk kewirausahaan sosial di Indonesia.
Meskipun minat terhadap kewirausahaan sosial semakin berkembang, studi yang
komprehensif tentang perilaku konsumen terhadap produk-produk ini masih
kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi interaksi antara sikap,
norma subjektif, dan kendali perilaku yang mempengaruhi niat perilaku, dengan
menggunakan Partial Least Squares (PLS) untuk analisis data. Berdasarkan 67
tanggapan yang memenuhi syarat yang dikumpulkan antara 23 Desember 2023
dan 10 Januari 2024, temuan menunjukkan hubungan yang signifikan antara
sikap, kendali perilaku yang dirasakan, norma subjektif, dan niat perilaku. Hasil
ini memberikan wawasan berharga tentang perilaku konsumen Indonesia terhadap
produk kewirausahaan sosial, sehingga menyimpulkan bahwa faktor-faktor
tertentu memainkan peran kunci dalam membentuk niat perilaku.