Rancangan strategi inovasi produk pada Klinik Utama Bandung Pain Rehab Center

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pawitan, Gandhi
dc.contributor.author Channel, Sherin Hillary
dc.date.accessioned 2024-07-05T04:42:54Z
dc.date.available 2024-07-05T04:42:54Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44814
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17380
dc.description 10242 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kesehatan memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan berkualitas, maka memiliki tubuh yang sehat tanpa rasa nyeri merupakan hal yang fundamental. Dewasa ini, pemenuhan kesehatan bagi seseorang dapat ditunjang melalui kemajuan teknologi baik dalam bentuk pencegahan maupun dalam pemulihan, termasuk dalam penanganan bagi pasien dengan keluhan nyeri. Salah satu penanganan nyeri yang mutakhir saat ini adalah dengan Interventional Pain Management (IPM). Klinik Utama Bandung Pain Rehab Center (BPRC) merupakan klinik utama yang khusus menangani pasien dengan nyeri, dengan produk unggulan yakni IPM yaitu dengan menginjeksikan obat anti nyeri secara langsung untuk meredakan pain generator (sumber nyeri). Walaupun para konsumen puas dengan pelayanannya, tetapi jumlah pengunjung masih tidak mencapai target. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penerapan strategi pada klinik serta menganalisis inovasi produk yang dapat direkomendasikan. Penelitian studi kasus ini bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis lingkungan internal berupa 4 fungsi bisnis dan SWOT, analisis lingkungan eksternal berupa Porter Five Forces dan PESTEL yang kemudian disimpulkan dengan analisis SWOT. Melalui hasil penelitian, terdapat rekomendasi yang disarankan untuk diterapkan oleh BPRC yaitu menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit terkait pengelolaan nyeri pada kanker. Klinik Utama BPRC juga dapat mendirikan layanan khusus spesialistik “All-in-one post- stroke treatment” untuk memfokuskan pada rehabilitasi pasca stroke. Selain itu Klinik BPRC juga perlu melakukan pemasaran melalui Tiktok untuk meningkatkan brand awareness. Dengan demikian, diharapkan BPRC dapat menjangkau lebih luas lagi pasien yang membutuhkan penanganan nyeri dan mewujudkan visi dan misi perusahaan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR
dc.subject SWOT en_US
dc.subject PESTEL en_US
dc.subject STRATEGI INOVASI en_US
dc.subject PORTER FIVE FORCES en_US
dc.subject 4 FUNGSI BISNIS en_US
dc.title Rancangan strategi inovasi produk pada Klinik Utama Bandung Pain Rehab Center en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081901038
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428086501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account