Abstract:
Industri Food & Beverages (F&B) di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Keragaman menu makana dan minuman telah meningkat, dan media social telah menjadi platform untuk mempromosikan dan menyebarkan trend “makanan kekinian”. Hal tersebut menyebabkan daya beli konsumen meningkat. Kota Bandung, khususnya, telah mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam industry F&B. Oleh karena itu, pelaku bisnis dalam industry ini harus berusaha untuk menawarakan sesuatu yang unik dan berbeda untuk pelanggan agar dapat bertahan dalam jangka Panjang.
Pipinos Bakery sebagai sebuah bisnis bakery, yang tengah mengembangkan bisnisnya sebagai bakery café, menghadapi tantangan bersaing di tengah gelora industri F&B khususnya di bidang cookies dan bakery yang menawarkan berbagai macam pilihan menu menarik bagi pelanggan. Untuk menonjol dari bakery café lainnya, Pipinos Bakery harus mengidentifikasi keunggulan kompetitif dan positioning mereka di pasar agar dapat merumuskan strategi bersaing yang tepat. Idealnya, strategi bersaing ini dapat mengakomodir segala macam perubahan yang terjadi dalam manajemen, operasional, dan preferensi pelanggan. Selain itu strategi ini harus mendukung visi Pipinos Bakery sebagai sebuah neighbourhood bakery yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, dengan harga yang terjangkau, produk berkualitas baik, dan rasa yang lezat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menganalisa lingkungan internal dan eksternal. Pengumpulan data dilakukan lewat wawancara dan pengumpulan dokumen terkait. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pipinos Bakery menggunakan broad differentiation strategy. Dengan adanya rekomendasi di bidang management, customer service, marketing strategy, diferensiasi produk, dan persaingan harga.