Abstract:
Casual Fine Dining X adalah salah satu restoran yang berlokasi di
Bandung. Konsep pantai yang diusung Casual Fine Dining X ini menjadi salah
satu keunikan karena memberi kesan “Pantai yang Sejuk”. Keterbatasan Casual
Fine Dining X dalam mengumpulkan data mengenai pelanggannya menjadi faktor
utama mengapa Casual Fine Dining X belum dapat mengoptimalkan hubungan
jangka panjang dengan pelanggannya, alhasil pelanggan yang pernah datang
akhirnya pergi dan tidak dapat didekati kembali karena tidak cukupnya data yang
dapat digunakan. Pemanfaatan sistem software Customer Relationship
Management (CRM) merupakan salah satu cara yang dapat membantu Casual
Fine Dining X untuk mengumpulkan data, mengolah, menganalisa hingga
mengambil keputusan dari data pelanggan tersebut. Sifat dari penelitian ini adalah eksploratori research dengan menggunakan metode studi kasus yang berfokus pada Casual Fine Dining X melalui 3 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan focus group discussion (FGD). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan data triangulation dan investigator
triangulation dalam menilai keabsahan data. Penelitian ini juga menggunakan
analisis konten dan BPMN (Business Process Model Notation) dalam
menganalisis data. Penelitian ini melakukan analisa dan identifikasi pada berbagai software CRM serta memberikan usulan sistem menggunakan free programme yang dapat
membantu Casual Fine Dining X dalam mengumpulkan data pelanggan,
mengelompokkan pelanggan, mengidentifikasi kebiasaan dan kesukaan pelanggan
hingga dapat memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Setiap usulan memiliki tujuan untuk meningkatkan pembelian kembali dan juga
kedatangan pelanggan baru di Casual Fine Dining X.