Abstract:
Pelanggan saat ini mengharapkan pengiriman yang lebih cepat, jangkauan produk yang lebih luas, dan mekanisme pengembalian yang mudah. Industri Fast Moving Consumer Good (FMCG) menghadapi tantangan besar tentang bagaimana meningkatkan pemenuhan pesanan mereka dan mengelola inventaris mereka karena Stock keeping Unit (SKU) yang sangat beragam. Ada dua sisi mata permasalahan, di satu sisi perusahaan ingin memiliki ketersediaan tinggi dengan kedekatan dengan pelanggan. Di sisi lain, perusahaan perlu mengendalikan biaya persediaan mereka dan memastikan jumlah dan variasi SKU yang tepat tersedia untuk pelanggan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengendalian persediaan untuk memberikan tingkat layanan yang ditargetkan guna mengetahui tingkat stok yang benar berdasarkan cabang dan SKU dengan beberapa opsi guna memberikan tingkat Service Level (SL) yg ditargetkan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari data yang diolah. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan stok di setiap cabang untuk mencapai target SL.