Usulan penetapan harga serum wajah Olay berdasarkan preferensi konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Wijaya, Agung Nagata
dc.date.accessioned 2024-05-03T03:54:30Z
dc.date.available 2024-05-03T03:54:30Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44452
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17147
dc.description 6242- FTI en_US
dc.description.abstract Minat terhadap serum wajah sejak lima tahun terakhir mengalami pertumbuhan. Dalam lima tahun terakhir terdapat tiga merek yang masuk dalam tiga besar Top Brand Award untuk produk serum wajah secara berturut-turut, yaitu Pond’s, Wardah, dan Olay. Dari ketiga merek tersebut, merek Olay memiliki brand index yang lebih kecil dibanding kedua pesaingnya, dimana brand index mengukur pangsa pasar produk dari suatu merek. Dengan pangsa pasar yang lebih rendah dibanding dua pesaingnya, ingin diketahui apakah merek Olay sudah memiliki kontribusi total yang maksimal untuk produk serum wajahnya, dan jika belum bagaimana menetapkan harga untuk memaksimasi kontribusi total tersebut. Metode yang digunakan dalam penetapan harga pada penelitian ini adalah value-based pricing. Pada metode value-based pricing diperlukan price response function untuk menetapkan harga produk untuk memaksimasi kontribusi total, dimana digunakan Choice Based Conjoint (CBC) dalam mencari price response function. Penetapan harga melibatkan preferensi konsumen terhadap konsep produk yang ditawarkan pada konsumen. Terdapat enam atribut penelitian yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli serum wajah yaitu merek, kemasan, manfaat, kecocokan, ukuran, dan harga. Dengan mendapatkan preferensi konsumen dengan metode CBC, dapat diestimasi utilitas dengan menggunakan metode Hierarchical Bayes (HB), dimana hasil estimasi digunakan untuk simulasi pasar yang berguna untuk optimasi harga dengan tujuan memaksimasi kontribusi total. Penetapan harga dibagi per manfaat yang disediakan merek Olay. Untuk manfaat mencerahkan dan menghidrasi Olay menyediakan dua konsep produk dimana penetapan harga untuk kemasan pipet tetes adalah Rp 207.000 dan penetapan harga untuk kemasan pump adalah Rp 123.000. Penetapan harga serum wajah Olay untuk manfaat eksfoliasi dan repairing adalah Rp 186.000, dan penetapan harga untuk manfaat anti aging dan repairing adalah Rp 142.200. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan penetapan harga serum wajah Olay berdasarkan preferensi konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801177
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account