Rekomendasi rancangan iklan Instagram untuk produk fashion berdasarkan Eye Tracking, Recall, dan Attitude Towards Advertisement

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Bellinda, Jenifer Victoria
dc.date.accessioned 2024-04-25T02:52:01Z
dc.date.available 2024-04-25T02:52:01Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44469
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17120
dc.description 6259 - FTI en_US
dc.description.abstract Instagram merupakan media sosial yang populer digunakan sebagai sumber referensi fashion di Indonesia. Hal tersebut menjadi peluang bagi para pebisnis fashion untuk membuka usaha dan mempromosikan produknya. Adapun strategi pemasaran yang banyak digunakan sebagai cara untuk menghadapi tingkat persaingan yang semakin tinggi adalah dengan menggunakan Instagram ads. Namun, konsumen dapat merespon sebuah iklan secara berbeda, seperti senang, netral, bahkan merasa terganggu. Oleh karena itu, perlu diketahui faktorfaktor yang memengaruhi efektivitas iklan untuk produk fashion di Instagram agar diperoleh rancangan iklan yang efektif. Penelitian ini menguji dua faktor yang dianggap berpengaruh terhadap efektivitas iklan fashion, yaitu cara menampilkan produk (terdiri dari tiga level: flat lay, ghost mannequin, dan model) serta faktor penempatan keterangan produk (terdiri dari dua level: di dalam foto dan caption). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode desain eksperimen. Terdapat enam kombinasi perlakuan yang diberikan kepada responden, dimana urutan perlakuan ditentukan berdasarkan counterbalancing. Efektivitas iklan diukur menggunakan eye tracking dengan metrics time spent (dwell time), revisits, dan fixation number yang didukung dengan kuesioner recall dan attitude towards advertisement. Berdasarkan hasil uji two-way repeated measures ANOVA, diperoleh bahwa faktor cara menampilkan produk memengaruhi skor attitude towards advertisement, sedangkan faktor penempatan keterangan produk memengaruhi data revisits untuk area of interest (AOI) iklan, skor recall, dan skor attitude towards advertisement. Adapun rekomendasi cara menampilkan produk apabila perancang iklan memprioritaskan perhatian, interaksi, dan ingatan konsumen adalah flat lay, ghost mannequin, atau model dengan penempatan keterangan produk di caption, sedangkan apabila preferensi dan sikap positif konsumen menjadi prioritasnya, maka dapat digunakan model sebagai cara untuk menampilkan produk dengan keterangan produk berada di dalam foto. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Rekomendasi rancangan iklan Instagram untuk produk fashion berdasarkan Eye Tracking, Recall, dan Attitude Towards Advertisement en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801213
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account