Usulan peningkatan minat beli konsumen terhadap konten digital Perusahaan X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Rivai, Andhika Muhammad
dc.date.accessioned 2024-04-25T02:28:10Z
dc.date.available 2024-04-25T02:28:10Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44466
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17117
dc.description 6256 - FTI en_US
dc.description.abstract Konsumsi di ruang digital mulai akrab dan melekat hampir di seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Konten digital jenis hiburan, informasi hingga edukasi mulai banyak ditemukan dari yang sifatnya gratis hingga berbayar. Hal ini tentunya menghasilkan peluang bisnis dan industri baru. Keuntungan dari konten digital di Indonesia masih didukung oleh aktivitas iklan daripada daya beli konsumen itu sendiri. Berdasarkan survei Kompas 2021, hanya dua dari sepuluh responden yang mengaku berlangganan konten digital berbayar. Tingkat permintaan akan konten digital sangat dipengaruhi oleh umpan balik dan interaksi konsumen. Perusahaan X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri konten digital yang sifatnya edukasi atau bisa disebut sebagai Online Paid Knowledge. Perusahaan X menghadirkan platform yang memiliki fungsi sebagai situs pencarian lowongan pekerjaan serta pengembangan minat dan bakat melalui produk Online Paid Knowledge yang mereka tawarkan. Target revenue Perusahaan X belum tercapai dan stabil hal ini dikarenakan masih rendahnya minat beli dari pengguna platform Perusahaan X akan konten digital edukasi berbayar yang mereka tawarkan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi literatur diketahui beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi minat beli secara daring terhadap konten digital edukasi berbayar. Penelitian dimulai dengan menentukan variabel yang dapat mempengaruhi Online Purchase Intention antara lain Website Quality (WQ), eWOM (E), Trust (T), Price Utility (PU) dan Product Knowledge (PK). Setelah itu dilakukan penyusunan instrument penelitian berupa kuesioner yang ditujukan kepada pengguna platform Perusahaan X domisili Pulau Jawa. Hasil pengolahan data menggunakan Statistical Equation Modelling dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM) antara lain terdapat dua variabel yang mempengaruhi Online Purchase Intention secara langsung yaitu Product Knowledge dan Trust. Selain itu dilakukan Importance-Performace Matrix Analysis (IPMA) untuk menentukan fokus variabel yang dapat dijadikan intervensi bagi Perusahaan X guna meningkatkan minat beli konsumen. Variabel yang dapat dijadikan fokus intervensi adalah variabel Product Knowledge dan eWOM. Terdapat 9 usulan peningkatan minat beli yang diajukan dan sudah disetujui oleh Perusahaan X. Perusahaan X dapat meningkatkan minat beli konsumen melalui pemahaman produk pada konsumen dengan menyampaikan informasi detail terkait platform dan produk melalui berbagai sosial media dan situs Perusahaan X. Perusahaan X dapat meningkatkan minat beli konsumen dengan menumbuhkan eWOM positif antar pengguna dengan membuat komunitas dan konten di sosial media yang menarik perhatian pengguna untuk membagikan ulasan, rekomendasi dan pengalaman mereka kepada sesama pengguna. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan minat beli konsumen terhadap konten digital Perusahaan X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801207
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account