Usulan perbaikan pada Bank X berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi minat adopsi digital banking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Hartanto, Gerardus Aditya
dc.date.accessioned 2024-04-22T08:51:44Z
dc.date.available 2024-04-22T08:51:44Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44464
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17095
dc.description 6254 - FTI en_US
dc.description.abstract Perkembangan digital banking yang ada di Indonesia saat ini belum diiringi dengan tingkat adopsi penggunaannya yang tinggi pula. Apabila dibandingkan dengan layanan lainnya seperti mobile banking maupun internet banking, pengguna layanan digital banking masih jauh lebih rendah. Hal tersebut juga sejalan denga napa yang dialami oleh Digital Banking X. Berdasarkan data jumlah pengguna aktif bulanan layanan digital banking, saat ini jumlah pengguna terbanyak dimiliki oleh digital banking Jenius dan Digital Banking X hanya berada diurutan keempat. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa adopsi penggunaan digital banking di Indonesia saat ini masih rendah dan sejalan dengan apa yang dihadapi oleh Digital Banking X. Padahal berdasarkan data, dapat dilihat bahwa terdapat tren positf kenaikan jumlah transaksi perbankan digital dari tahun ke tahun. Pada penelitian ini, terdapat 4 variabel yang digunakan berdasarkan model acuan UTAUT dan 1 variabel tambahan dalam model penelitian ini, antara lain performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, dan perceived risk. Selanjutnya dilakukan pengambilan data menggunakan kuesioner dengan jumlah data yang didapatkan sebanyak 101 responden. Setelah mendapatkan data dari seluruh responden, dilanjutkan pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM. Seluruh pengujian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. Dari hasil pengolahan data, terdapat hanya terdapat 4 variabel yang mempengaruhi minat adopsi digital banking. Keempat variabel tersebut adalah performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan perceived risk. Dari keempat variabel tersebut, selanjutnya dilakukan penentuan prioritas dengan menggunakan metode IPMA yang menghasilkan 5 usulan prioritas. Dari ketiga usulan tersebut, sebanyak 4 usulan perbaikan diterima dan 1 usulan perbaikan dipertimbangkan oleh pihak Digital Banking X. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan pada Bank X berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi minat adopsi digital banking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801205
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account